PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI MENGGUNAKAN WINDOWS SHOPPING DI KELAS VIII SMP ISLAM JAYARATU
Ai Kamilah
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Menganalisis Unsur-unsur Pembangun Teks Puisi Menggunakan Model Windows Shopping di Kelas VIII SMP Islam Jayaratu”. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. 1) Langkah-langkah pembelajaran Menganalisis Unsur-unsur Pembangun Teks Puisi Menggunakan Model Windows Shopping terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir; 2) Perubahan kemampuan siswa. Dilihat dari hasil uji statisik dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata pascatest kelas eksperimen lebih besar daripada pascatest kelas kontrol (80,53 > 69,86), maka dari itu artinya ada perbedaan rata-rata antara nilai menganalisis unsur-unsur pembangun teks puisi dengan menggunakan model windows shopping dan model ceramah. Kelas eksperimen mengalami perubahan kemampuan yang lebih signifikan (berarti) yakni terdapat perubahan kemampuan Menganalisis Unsur-unsur Pembangun Teks Puisi Menggunakan Model Windows Shopping.
Ahyar, Juni. (2019). Apa Itu Sastra. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Hardani. Et al (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Hayati, S. (2017). Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia.
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Tahun 2016 Tentang Kurikulum 2013 pada Pendidikan menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia Kelas VIII. Jakarta: PT. Mulia Kencana Semesta.
Purwanto, Ngalim. 2009. Prinsip – Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda karya.
Rahma, W. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Kooperative Windows Shopping terhadap Partisipasi Bimbingan Konseling Klasikal. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia. 2(2). 2
Rukminingsih. et al. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: CV Bumi Maheswari.