Kesantunan Berbahasa dalam Kolom Komentar Instagram Kaesang Pangarep

Sarah Tasurun Nadhirin, R. Hendaryan, Asep Hidayatullah

Abstract


Penelitian ini mengangkat tentang “Kesantunan Berbahasa dalam Kolom Komentar Instagram Kaesang Pangarep”. Penelitian dilatarbelakangi melalui tuturan netizen pada kolom komentar akun Instagram yang kurang memperhatikan prinsip kebahasaan. Berdasarkan hal tersebut, penulis dapat mengkaji karakteristik kesantunan berbahasa dalam kolom komentar Instagram Kaesang Pangarep dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini yaitu berupa kata, ungkapan, istilah, atau kalimat  yang dapat dirumuskan sebagai pematuhan dan pelanggaran kesantunan yang diambil melalui tuturan netizen dalam akun instagram Kaesang Pangarep yang di unggah pada bulan November 2023 hingga Januari 2024. Proses pengumpulan data yang digunakan melalui studi pustaka, observasi, simak, catat, dan dokumentasi. Adapun analisis data ini dilakukan dengan cara menyajikan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik kesantunan berbahasa dalam kolom komentar Instagram Kaesang Pangarep ditemukan adanya pematuhan dan pelanggaran kesantunan berbahasa. Pematuhan prinsip kesantunan berbahasa yang ditemukan pada setiap tuturan netizen sebanyak 36 data tuturan dengan persentase (41%) dan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa ditemukan pada setiap tuturan netizen dalam kolom komentar instagram Kaesang Pangarep sebanyak 52 data tuturan dengan persentase (59%), sehingga yang paling banyak ditemukan pada penelitian ini yaitu berupa pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa.

Keywords


Kesantunan berbahasa, pematuhan, pelanggaran.

Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Hendaryan. 2015. Ekspresi Kesantunan Dalam Tuturan Bahasa Indonesia Oleh Penutur Dwibahasawan Sunda. 5-254 Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. (Disertasi)

Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Maulida, dkk. 2023. Kesantunan Berbahasa Dalam Kolom Komentar Media Sosial Tiktok Akun Denise Chariesta. Jurnal Diksastrasia, (Online), 7 (2), 305. (diakses 9 Desember 2023)

Pangarep, Kaesang. 2023. Kolom Komentar Media Sosial Instagram.(Online)( htps://www.instagram.com/kaesangp?igsh= MTliZzZt ZG J0a3R5bg==) (diakses 18 November 2023).

Pranowo. 2012. Berbahasa secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Rineka Cipta.

Wiryonegoro, A. 2022. Pengaruh Dakwah Akun @Bagussuhar dalam Media Sosial Instagram terhadap Akhlak Followersnya. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 50-55. https://doi.org/10.29313/jrkpi.v2i1.870 (diakses 9 Desember 2023).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i2.15101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.