PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PIDATO DENGAN MENERAPKAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN LIVEWORKSHEET
Siti Fatimah, Taufik Hidayat, Rina Agustini
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis pidato siswa berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMP Negeri 5 Ciamis. Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran masih belum menggunakan model pembelajaran yang menarik. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru diketahui bahwa keterampilan menulis teks pidato memiliki rata-rata nilai yang lebih kecil yaitu 48. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui perencanaan penerapan model Think Talk Write (TTW) berbatuan Liveworksheet terhadap keterampilan menulis teks pidato, mengetahui pelaksanaan penerapan model Think Talk Write (TTW) dan mengetahui perubahan keterampilan menulis model TTW berbantuan Liveworksheet. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII di SMP Negeri 5 Ciamis yang berjumlah 6 kelas dengan 192 siswa. Sampel penelitian ditentukan oleh teknik purposive sampling dengan kelas eksperimen dan kontrol keduanya homogen berdasarkan uji homogenitas dengan masing-masing 32 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian keterampilan menulis dan lembar observasi pelaksanaan model TTW berbantuan Liveworksheet. Hasil uji normalitas dan homogenitas data diketahui bahwa data berdistribusi normal namun data pascates kedua kelas tidak homogen. Selanjutnya berdasarkan hasil uji t' dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata keterampilan menulis teks pidato siswa antara kelas kontrol dan eksperimen.
Keywords
keterampilan menulis, liveworksheet, model think talk write, teks pidato
Abu, Ahmadi. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rieka Cipta.
Arifin dkk. (2019). Keefektifan Model Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Seri terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education. 3(3), 301-307. DOI: prefix 10.23887/ijee.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. DOI: https://doi.org/10.1119/1.18809
Republik Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2018 Nomor 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Atau Bentuk Lain yang Sederajat.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.)