Nilai Kemanusiaan dalam Drama Korea Reply 1988 Karya Lee Woo-Jung

Sinta Nurcahyani, H.R Hendaryan

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai kemanusiaan yang terkandung dalam drama Korea Reply 1988 karya Lee Woo-Jung, serta mengembangkan alternatif bahan ajar yang dapat digunakan untuk menganalisis isi drama tersebut dalam konteks pembelajaran. Drama Reply 1988 dipilih karena menyuguhkan berbagai isu sosial, keluarga, dan pertemanan yang dapat menggambarkan nilai-nilai kemanusiaan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis karakter dan hubungan antar tokoh dalam drama untuk mengidentifikasi nilai-nilai seperti empati, solidaritas, kasih sayang, dan toleransi. Hasil analisis menunjukkan bahwa drama ini mencerminkan dinamika kehidupan masyarakat Korea pada tahun 1980-an dan mengajarkan pentingnya kebersamaan dan pengertian antar sesama. Berdasarkan temuan ini, penelitian ini juga mengembangkan sebuah model bahan ajar yang dapat digunakan untuk mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan melalui analisis teks drama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia atau Bahasa Korea di tingkat pendidikan menengah. Diharapkan, bahan ajar ini dapat memperkaya wawasan siswa mengenai nilai-nilai kemanusiaan serta meningkatkan kemampuan mereka dalam menganalisis dan memahami karya sastra atau drama.Kata Kunci: nilai kemanusiaan; drama Korea; bahan ajar; drama.

Keywords

nilai kemanusiaan; drama Korea; bahan ajar; drama.

Full Text:

PDF

References

Abu, Ahmadi. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Amri, Sofan, & Ahmadi, Iif Khoiru. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Andi, Prastowo. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Ardia, V. 2014. Drama Korea dan Budaya Populer. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(3).

Arif, H., & Naoitupulu, P. Pengembangan Bahan Ajar untuk Pendidikan. Jakarta: Depdikbud, 1997.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2022). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Burhan, Nurgiyantoro. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Burhan, Nurgiyantoro. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Farhat. Unsur Intrinsik dalam Karya Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2017.

Febriani Dini. 2023. “nilai kemanusiaan dalam film drama korea crash landing on you karya park ji eun” .vol 7, no 2 (2023).

Hamalik, (2009). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasanuddin. Drama Karya dalam Dua Dimensi. Bandung: CV Pustaka Setia, 2009.

Hasanuddin. (2017). Unsur Intrinsik dalam Karya Sastra. Jakarta: Penerbiat Nusantara.

Ismawirna, Erfinawati, & Adelia, A. (2025). Nilai Etika dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 9(1), 213-222.

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Majid, A (2011). Perencanaan pembelajaran: Mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyani. 2012. Pembelajaran Sastra yang Efektif. Jakarta: Pustaka Eduka.

Mujarod, S. S. (2022). Analisis Nilai Moral dalam Novel Temukan Aku dalam Istikharahmu Karya E. Sabila El Raihany. Media Tinta Filsafat, 9 (1), 59-63.

Muslich, (2010). Textbook writing: Dasar-dasar pemahaman, penulisan, dan pemakaian buku teks. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Pramono, A. & Kartini, T. (1984). Filsafat dan Hakekat Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pujawati, R. D., Munir, S., & Noviadi, A. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Avatar: The Way of Water Karya James Cameron. Jurnal Diksatrasia. Vol 8, No 1.

Sada, Clarry. 2011. Pembelajaran Nilai-Nilai Kemanusiaan. Jakarta: Univetsita Indonesia

Satoto, S. B. (2000). Dasar-Dasar Apresiasi Drama. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Soulisa, I. (2021). Analisis nilai-nilai kemanusiaan dalam film Melukis Kaki Langit karya Girri Prasetyo. Jurnal J-MACE, 1(1), 41-52.

Sri, Lestari. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasi Kurikulum. Jakarta: Penerbit Gramedia.

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjiman, Panuti (1990). Drama Sebagai Genre Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Sudrajat, Akhmad. (2008). Penyusunan Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran. Bandung: CV Citra Pratama.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. (2015). Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Wicaksono, Andi. 2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca

Zainul, (2001). Alternatif penilaian hasil belajar. Jakarta: Depdiknas.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.