Variasi Bahasa dalam Jual Beli Online Marketplace Tiktok sebagai Bahan Ajar Menulis Iklan

Meisy Triyesha, R Herdiana, Sri Mulyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi bahasa dalam jual beli online marketplace tiktok serta potensinya sebagai pengembangan bahan ajar menulis teks iklan. Akun jual beli online marketplace tiktok yaitu skintific_id, sajodo snacks & foods, dan jiniso.id. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa teknik catat dan dokumentasi terhadap gambar kata atau kalimat pada kolom komentar akun jual beli online. Hasil penelitian variasi bahasa dalam jual beli online marketplace tiktok terdapat variasi bahasa dari segi penutur yaitu idiolek, dialek, kronolek, sosiolek yang terdiri dari akrolek, basilek, vulgar, slang, kolokial, dan jargon. Berdasarkan temuan tersebut, variasi bahasa dalam jual beli online marketplace tiktok dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar alternatif yang bervariasi dalam menulis teks iklan serta terhubung dengan fenomena dan kehidupan nyata. Pemanfaatan media populer seperti aplikasi tiktok dapat meningkatkan daya tarik pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap fenomena sosial yang ditunjukkan dengan variasi bahasa.Kata Kunci: Variasi Bahasa; Jual beli online; Tiktok; Bahan ajar; Teks iklan;

Keywords

Variasi Bahasa; Jual beli online; Tiktok; Bahan ajar; Teks iklan;

Full Text:

PDF

References

Abdillah, L. A. (2022). Peranan Media Sosial Modern. Palembang: Bening

Anggraeni, Y. R. (2023). Pengaruh Terpaan Sales Promotion Dan Intensitas Melihat Online Customer Review Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific. (Skripsi, Universitas Diponegoro).

Aslim, M, et al. (2024). An Analysis of Code Mixing Used byBeauty Influencers in Tiktok. IDEAS. 12 (1), 89-94.

Caroline, Y. P, et al. (2024). Analysis of Language Functions in Live Broadcasting Online Seller on TikTok. Austronesian: Journal of Language Science & Literature. 3 (1), 39-51.

Chaer, A. & Agustina, L. (2010). Sosiolinguitik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2018). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmawan, A. K, et al. (2022). Sosial Media Analytics: Konsep dan Penerapannya dengan Rapid miner/Orange. Banten: Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM).

Febriana, I, et al. (2024). Strategi Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Meningkatkan Efektivitas Pemasaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. 7 (4). 15939-15940.

Fretiagrisah, et al. (2022). Variasi Bahasa dalam Penjualan Online di Grup Facebook ‘Busam’: Tinjauan Sosiolinguistik. Ilmu Budaya. 6 (2), 655.

Gewani, R. (2022). Istilah-Istilah Penggunaan Bahasa Pada Transaksi Jual Beli Online (Online Shop) Di Akun Media Sosial. CAKARA. 8 (2), 101-105.

Harsono, et al. (2020). Variasi Bahasa Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Jatipura Kabupaten Karanganyar. Kawruh: Journal of Language Education, Literature, and Local Culture. 2 (2), 128-130.

Lestari, A, et al. (2024). Variasi Bahasa Dalam Konten Channel Youtube Jurnalrisa (Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Teks Narasi KD 4.4 Kelas VII). Jurnal Diksatrasia. 8 (1), 44-46.

Lestari, G. M. & Delfia, E. (2021). Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbudristek.

Hudson, R. A. (1995). Sosiolinguistik. (Terjemahan) Rochayah & Djamil, M. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Kusumaningsih, S, et al. (2021). Buku Panduan Marketplace. Surabaya: Global Aksara Pres.

Muakhor, T. N. A. (2021). Variasi Bahasa dalam Jual Beli Online/Marketplace Instagram. Jurnal Diksatrasia. 5 (2), 210.

Purnami, W. H. (2022). The Language Use in TikTok Social Media as A Means of Entertainment for the Community. Language, Literature, and Community Research Center, National Research and Innovation Agency. 722, 638-640.

Putri, E. A. (2024). An Analysis of Register Used by Online Shop Seller on TikTok Live. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities. 7 (1), 118-119.

Putri, M. A. (2021). Variasi Bahasa dalam Tuturan Penjual dan Pembeli di Pasar Dupa Jalan Merpati Tangkerang Tengah Kecamatan Marpoyam Damai Kota Pekanbaru. (Skripsi, Universitas Islam Riau)

Rosiyana, R. N, et al. (2021). A New Digital Marketing Area For E-Commerce Business. Jurnal Injuratech, 1 (2), 371.

Septiani, R. A. & Firmialy, S. D. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Ulasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Skintific. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 5 (2), 425-426.

Sulistiyani, S. & Prasetyo, G. T. (2024). Language Variations of Adolescents on TikTok Social Media. Metathetisis. 8 (1), 37-39.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Supardi. (2020). Landasan Pengembangan Bahan Ajar. Mataram: Sanabil.

Surmarsono. (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanti, S. (2023). Variasi Bahasa dalam Jual Beli Online Marketplace Instragram. (Skripsi, Universitas Galuh).

Susanti, S. (2023). Variasi Bahasa dalam Jual Beli Online Marketplace Instragram. Jurnal Diksatrasia. 7 (2), 561.

Susylowati, E, et al. (2024). Sosiolinguistik Teori dan Aplikasi. Klaten: Penerbit Underline

Waraulia, A. M. (2020). Bahan Ajar: Teori dan Prosedur Penyusunan. Madiun: UNIPMA Press.

Widiastuti, R. N. (2018). Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial Dalam Lembaga Pemerintah. Jakarta: Direktorat Pengelolaan Media.

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.