Nilai Sosial dan Pendidikan dalam Drama Korea Pyramid Game sebagai Alternatif Bahan Ajar Drama

Fachrul Muhamad Riza Saputra, Raden Hendaryan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai sosial dan nilai pendidikan yang terkandung dalam drama Korea Pyramid Game serta potensinya sebagai alternatif pengembangan bahan ajar menganalisis isi drama. Drama ini mengangkat isu sosial mengenai kekerasan, diskriminasi, dan budaya perundungan yang terjadi di lingkungan sekolah, yang direpresentasikan melalui sistem pemeringkatan di antara siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis isi, teknik dokumenter, dan kajian literatur. Proses tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan nilai sosial dan nilai pendidikan yang terdapat pada dialog, karakter, peristiwa dan alur cerita drama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa drama ini terdapat nilai-nilai sosial seperti nilai material, nilai vital, nilai kerohanian dengan aspek kebaikan, kebenaran, estetika dan religius. Nilai-nilai pendidikan yang ditemukan meliputi nilai ketuhanan, nilai moral, nilai sosial, nilai budaya, dan nilai estetika. Berdasarkan temuan tersebut, drama Korea Pyramid Game dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar alternatif yang kontekstual dan relevan dengan realitas sosial peserta didik, khususnya dalam pembelajaran manganalisis isi drama. Pemanfaatan media populer seperti drama Korea dapat meningkatkan daya tarik pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap realitas sosial yang dihadirkan dalam karya sastra.Kata Kunci: Nilai Sosial, Nilai Pendidikan, Drama Korea Pyramid Game, Pengembangan Bahan Ajar

Keywords

Nilai Sosial, Nilai Pendidikan, Drama Korea Pyramid Game, Pengembangan Bahan Ajar

Full Text:

PDF

References

Azzahra, L., Akbar, M. F., & dkk. (2023). Kultivasi dan Budaya K-Pop (Studi Analisis Kultivasi Drama Korea pada Gaya Komunikasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta). Jurnal Bincang Komunikasi, 1(2), 184-194.

Akan, Y. (2021) An Analysis of the Impact of the Values Education Class Over the

Fatmawati, (2024). Nilai Sosial dalam Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini karya Angga Dwimas Sasongko. (Skripsi, Universitas Galuh Ciamis).

Fatmaira, Z. (2022). Nilai Pendidikan dari Novel Rantau 1 Muara Karya A. Fuadi. Sintaks: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), halaman 1-6.

Fiantika, F. R., Wasil, M., & dkk. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Sumatra Barat: PT Global Eksekutif Teknologi.

Gabriela, (2022). Representasi Nilai Sosial Keluarga Sung Duk Seon dalam drama Korea Reply 1988 (Analisis Semiotika Roland Barthes). (Skripsi, Universitas Budhi Dharma).

Georgios, D., Christos-Thomas, K. (2021) Social Values And Education : A Brief Comparative Approach from Schwartz to Whit’s and Hand’s Theoris. International Journal of Social Science And Human Research, 4 (8), 2078-2082.

Hasbullah.(2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Halstead, J., M. & Taylor, M., J. (1996) Values in Education and Education in Values. Hong Kong : Routletger Falmer, Taylot & Francis Group.

Herlinda, N., N., (2025) Nilai Moral film Keluarga Cemara 2 Karya Ismail Basbeth. Jurnal Diksastrasia, 9 (1) 184-191.

Indrawan, R., & Yaniawati, R. P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

James, D., (2015). How Bourdieu bites back: Recornising in Education and Educational Research. Cambridge Journal of education, 45 (1) 97-112.

Malla, H., A., B., Hidayat, Y., A., & Abu, A., (dkk), (2022). The Application of Multicultural Education Values in Islamic Religious Learning at Karuna High School DIPA Palu, Central Sulawesi, Indonesia, 5 (6) 2309-2315

Najuah, M. Pd., Suhendro Lukitoyo, P., & Wirianti, W. (2020). Modul elektronik: Prosedur penyusunan dan aplikasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Putri, A., A., Rufi’I, & Suhari, (2022) Character Education Values in Web-Based Learninng Media in Indonesia History Subjects. International Journal of Science and Human Research, 5 (5)1603-1609

Rahasti, (2023). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Home Sweet Loan karya Almira Bastari. (Skripsi, Universitas Galuh).

Sari, R. H., M.Hum. (2023). Apresiasi Sastra Indonesia: Puisi, Prosa, dan Drama. Jawa Barat: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia, Anggota IKAPI.

Sari, S., N., Rachman, M., & Utari, I., S. (2015) Model Penanaman Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kehidupan Sosial Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Agama. Journal of Educational Social Studies, 4 (1) 225-6390.

Setiari, I. (2019). Kajian Nilai Sosial dalam Lirik Lagu "Buka Mata dan Telinga" Karya Sheila On 7. Jurnal Diksatrasia Universitas Galuh, 2(2).

Sukardi, Drs., M.P. (1997). Nilai-Nilai Pendidikan Budi Pekerti dalam Dongengan Sulawesi Selatan. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sultoni, A., Juidah, I., & Hilmi, H., S. (2021) Kontruksi Nilai Sosial dalam Kumpulan Cerpen Tawa Gadis Sampah Karya Ahmad Tohari. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, 6 (2), 2541-3252.

Sumarno, M. (2017). Apresiasi Film. Jakarta: Pusat Pengembangan Perfilman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Institut Kesenian Jakarta.

Suroso, Dr., M.Pd. (2015). Drama: Teori dan Praktik Pementasan. Yogyakarta: Elmatera.

Tanna, M., Saleh, M., & Idawati. (2024) Representasi Nilai Pendidikan Dan Nilai Sosial pada Deskripsi Ukiran Rumah Adat Toraja (Kajian Semiotika Teori Charles Sanders Peirce). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 10 (4) 2715-4564.

Udin, A. F., S.Sos., M.M., & Sarja, S.Sos.I, M.M. (2023). Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD). Jawa Tengah: CV. Eureka Media Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (1989). Pasal 26

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).

University Students’ Levels of Acquisition of Moral Maturity and Human Values. International Journal of Psychology and Educational Studies, 8 (2), 38-50.

Wageenar, P., Rodenberg, J., & Rutgers, M., (2023). The Crowding out of social values: on the reason why social values so consistently lose out to other values in heritage management. International Journal of Heritage Studies, 29 (8) 759-772.

Widiawati,R., & Ansori, Y. Z. (2023) Pentingnya nilai-nilai sosial dan Perilaku sosial pada siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 2 (1), 27-34.

Widyahening, Ch. E. T., M.Hum. (2020). Kajian Drama: Teori dan Implementasi dengan Metode Sosiodrama. Surakarta: Yuma Pustaka.

Yuberti, Dr., M.Pd. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Penerbit Utama Raharja (AURA).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.