Nilai Pendidikan dalam Pelaksanaan Tradisi Upacara Nyepuh pada Masyarakat Desa Ciomas Kecamatan Panjalu Ciamis

R Hendaryan, Rina Agustini, Salsa Bila

Abstract

Tradisi Upacara Nyepuh adalah upacara tradisional yang memiliki arti “Pendalam” atau “Penyempurnaan” dan berarti juga “Nyipuh”.Tujuan penelitianiniyaitu mendeskripsikan nilai – nilai pendidikan yang terdapat dalam pelaksanaan Tradisi Upacara Nyepuh pada masyarakat Desa Ciomas Kecamatan Panjalu Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informan, tempat dan peristiwa dan arsip atau dokumen yang dibedahmenggunakanteoriSoemanto. Hasil penelitianini yang dilakukanmengetahuinilai pendidikan religius, nilai pendidikan sosial dan nilai pendidikan budayayang terdapat dalam pelaksanaan Tradisi Upacara Nyepuh pada masyarakat Desa Ciomas Kecamatan Panjalu Ciamis dan menghasilkanalternatifbahan yang sesuaidengan CP peserta didik mampu memahami, mengolah, menginterprestasi, dan mengevaluasi berbagai tipe teks tentang topik yang beragam. Terdapat kesesuaian dengan kriteria yang dibutuhkan untuk alternatif pembelajaran cerpen dalam bentuk teks cerita sejarah.Kata Kunci:Tradisi; Nilai Pendidikan; Bahan Ajar;

Keywords

Tradisi, Nilai Pendidikan, Bahan Ajar

Full Text:

PDF

References

Adzim, Sukiman, 2020. Bahan Ajar Fikih Materi Thaharoh (Bersuci). Yogyakarta.

Annita Sari, dkk. 2023. Dasar – Dasar Metodologi Penelitian. Jayapura: CV. Angkasa Pelangi.

Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Abidin. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung. PT Refika Aditama.

Carter V. Good. 2005. Dictionary of Education. McGraw-Hill Book Company.

Danandjaja, 2007. Folklor Indonesia. Jakarta : PT Pustaka Utama Grafiti

Driyarkara, 1966. Pertjikan Filsafat. Jakarta : PT Pembangunan.

Dwiningrum, 2011. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Makassar: PT Pustaka Pelajar.

Dwiarso, 2008. Kekeluargaan di Tamansiswa Bukan Nepotisme. Yogyakarta. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST).

Edward Shils, 2006. Tradition. Chicago The University Of Chicago Prees.

Frankel, 1997. How to Desain and Evaluate Research Education. McGraw-Hill.

Geertz, 1992. Interprestasi Kebudayaan. Yogyakarta: PT Kanisius Media.

Hasbunallah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Hasan, 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hutagalung, 2022. Buku Ajar Partisifasi dan Pemberdayaan di Sektor Publik. Malang : CV. Literasi Nusantara Abadi.

Jihad, 2010. Pendidikan Sebagai Upaya Pemberdayaan. Pustaka Pelajar.

Kustandi, dkk. 2017. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: PT Ghalia Indonesia.

Moh. Karmin Baruadi, dkk. 2019. Danau Limboto dalam Kajian Folklor. Gorontalo: Ideas Publishing.

Muliadi, 2020. Penanaman Nilai Pendidikan dalam Budaya Masyarakat Gunung Bongak. Jurnal Penelitian Keislaman. Vol. 16 ( 1 ).

Plato, 2017. PLATO Republik . Narasi.

Pannen, 1995. Bahan Ajar Teori dan Prosedur Penyusunan 2020:5. Jakarta: Universitas Terbuka (UT).

Riyanti, dkk. 2024. Buku Ajar Pengantar Sosiologi. Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara.

Rifa’ i Abubakar, 2021. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Suka – Press UIN Sunan Kalijaga.

Rahmawati, Hanafi, 2019. Nilai-Nilai Pendidikan yang Terkandung dalam Ritual Kangkilo pada Masyarakat Muna Desa Warambe. Jurnal BASTRA (Bahasa dan Sastra).

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendeketan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumanto, Izak. 2019. Tradisi & Kebudayaan Nusantara. Semarang: PT. Lembaga Studi Sosial dan Agama ( Elsa ) Press.

Setyaningsih, 2024. Nilai – Nilai Budaya Madura : Perbandingan dengan Nilai – Nilai Budaya Barat. Indramayu: PT. Adab.

Surur, Iyunk, 2018. Nikmatnya Bersyukur : Merajut Gaya Hidup Penuh Bahagia. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Takari, dkk. 2008. Masyarakat Kesenian Di Indonesia. Medan: Studia Kultura, Fakultas Sastra, Universitas Sumatera Utara.

Tampubolon, 2023. Penelitian Pengembangan e-Modul. Bandung: PT Widina Bhakti Persada.

Wijayanti, Wulan. 2015. Tradisi Nyepuh di Desa Ciomas Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis. Jurnal Artefak Vol. 2 ( 1 ).

Adzim, Sukiman, 2020. Bahan Ajar Fikih Materi Thaharoh (Bersuci). Yogyakarta.

Annita Sari, dkk. 2023. Dasar – Dasar Metodologi Penelitian. Jayapura: CV. Angkasa Pelangi.

Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Abidin. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung. PT Refika Aditama.

Carter V. Good. 2005. Dictionary of Education. McGraw-Hill Book Company.

Danandjaja, 2007. Folklor Indonesia. Jakarta : PT Pustaka Utama Grafiti

Driyarkara, 1966. Pertjikan Filsafat. Jakarta : PT Pembangunan.

Dwiningrum, 2011. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Makassar: PT Pustaka Pelajar.

Dwiarso, 2008. Kekeluargaan di Tamansiswa Bukan Nepotisme. Yogyakarta. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST).

Edward Shils, 2006. Tradition. Chicago The University Of Chicago Prees.

Frankel, 1997. How to Desain and Evaluate Research Education. McGraw-Hill.

Geertz, 1992. Interprestasi Kebudayaan. Yogyakarta: PT Kanisius Media.

Hasbunallah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Hasan, 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hutagalung, 2022. Buku Ajar Partisifasi dan Pemberdayaan di Sektor Publik. Malang : CV. Literasi Nusantara Abadi.

Jihad, 2010. Pendidikan Sebagai Upaya Pemberdayaan. Pustaka Pelajar.

Kustandi, dkk. 2017. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: PT Ghalia Indonesia.

Moh. Karmin Baruadi, dkk. 2019. Danau Limboto dalam Kajian Folklor. Gorontalo: Ideas Publishing.

Muliadi, 2020. Penanaman Nilai Pendidikan dalam Budaya Masyarakat Gunung Bongak. Jurnal Penelitian Keislaman. Vol. 16 ( 1 ).

Plato, 2017. PLATO Republik . Narasi.

Pannen, 1995. Bahan Ajar Teori dan Prosedur Penyusunan 2020:5. Jakarta: Universitas Terbuka (UT).

Riyanti, dkk. 2024. Buku Ajar Pengantar Sosiologi. Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara.

Rifa’ i Abubakar, 2021. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Suka – Press UIN Sunan Kalijaga.

Rahmawati, Hanafi, 2019. Nilai-Nilai Pendidikan yang Terkandung dalam Ritual Kangkilo pada Masyarakat Muna Desa Warambe. Jurnal BASTRA (Bahasa dan Sastra).

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendeketan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumanto, Izak. 2019. Tradisi & Kebudayaan Nusantara. Semarang: PT. Lembaga Studi Sosial dan Agama ( Elsa ) Press.

Setyaningsih, 2024. Nilai – Nilai Budaya Madura : Perbandingan dengan Nilai – Nilai Budaya Barat. Indramayu: PT. Adab.

Surur, Iyunk, 2018. Nikmatnya Bersyukur : Merajut Gaya Hidup Penuh Bahagia. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Takari, dkk. 2008. Masyarakat Kesenian Di Indonesia. Medan: Studia Kultura, Fakultas Sastra, Universitas Sumatera Utara.

Tampubolon, 2023. Penelitian Pengembangan e-Modul. Bandung: PT Widina Bhakti Persada.

Wijayanti, Wulan. 2015. Tradisi Nyepuh di Desa Ciomas Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis. Jurnal Artefak Vol. 2 ( 1 ).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.