Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur melalui Model Think Talk Write Berbantuan Media Video Tutorial
Abstract
Penelitian ini berjudul “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur melalui Penggunaan Model Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Video Tutorial pada Siswa Kelas IV SDN 3 Sadapaingan”. Rendahnya keterampilan menulis teks prosedur berdasarkan hasil belajar siswa merupakan latar belakang penulis dalam melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran menulis teks prosedur dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW) berbantuan media video tutorial. 2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks prosedur setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model TTW berbantuan media video tutorial. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, semua data yang diperoleh akan diolah dalam bentuk kata-kata sehingga peneliti menggunakan kualitatif deskriptif. Pemilihan metode ini dimaksudkan untuk menggambarkan kejadian-kejadian yang terjadi secara apa adanya sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 3 Sadapaingan sebanyak 18 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 7. Penelitian Tindakan kels ini meliputi siklus I dan siklus II yang terdiri atas 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) pengamatan; 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran menulis teks prosedur dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW) berbantuan media video tutorial yaitu pendahuluan, inti (Think, Talk,Write), dan penutup. 2) terdapat peningkatan keterampilan menulis siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model TTW berbantuan media video tutorial pada siklus I dan kemudian meingkat signifikan pada siklus II, sehingga pelaksanaan tindakan dihentikan karena sudah sesuai dengan apa yang diharapkan.Kata Kunci: Menulis Teks Prosedur, Model TTW
Keywords
Menulis Teks Prosedur, Model TTW
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.