PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK 3M (MENIRU, MENGOLAH, MENGEMBANGKAN)

Tri Puji Bayu Pamungkas, Nia Rohayati, Taufik Hidayat

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi dari adanya permasalahan yang terdapat pada kondisi kemampuan peserta didik dalam menulis cerpen yang rendah. Penyebabnya karena selama pembelajaran menulis cerpen, siswa kurang berminat, siswa merasa kesulitan dalam menuangkan ide dan juga mengembangkan ide-ide. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan teknik 3M (meniru, mengolah, mengembangkan); (2) Mendeskripsikan perubahan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis cerpen setelah dilakukan pembelajaran dengan teknik 3M (meniru, mengolah, mengembangkan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan control group pretest- posttest design. Sumber data penelitian ini sebanyak 50 siswa kelas XI SMK Maarif NU Cidolog. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kajian pustaka, observasi, wawancara, dan tes. Adapun hasil penelitian diperoleh terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan siswa dalam menulis cerpen menggunakan teknik pembelajaran 3M dengan teknik pikir plus.

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, S., Arsjad, M.G., & Ridwan, S.H. (1988). Pembinaan kemampuan menulis

berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Arikunto,Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Heryadi, Dedi. (2014).Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Pustaka Billah

Kusmana, Suherli. 2012. Merancang Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: Rosda.

Maryani, Enok , 2011. Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Bandung : Alfabeta

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori PengkajianFiksi. Yogyakarta: GadjahMada University Press

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis

Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA

Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi.Yogyakarta:GAMA

MEDIA

Siswanto, Wahyudi. Ariani, Dewi. 2016 Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung: PT Refika Aditama

Sumardjo,Jakob.2007.Catatan Kecil Tentang menulis Cerpen.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.cv

Suherli dkk. 2017. Bahasa Indonesia / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi. Jakarta. Pusat Kurikulum dan pembukuan.

Suriamiharja. dkk. 1996. Petunjuk Praktis Menulis .Jakarta : Dirjen Dikti Depdikbud

Tarigan, Hendry Guntur. 1982. Menulis.Bandung : CV Angkasa

Zuchdi, D. (1997). Pembelajaran menulis dengan pendekatan proses. Jakarta : Rajawali




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v3i2.2426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.