Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter pendidikan yang terdapat dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye. Metode penelitian yang digunakan yakni metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yakni novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye yang diterbitkan oleh PT Sabak Grip Nusantara pada tahun 2022. Fokus penelitian ini yakni berupa nilai-nilai pendidikan karakter menurut Permendikbud No. 20 Tahun 2018 meliputi; religius, jujur, toleran, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial dan bertanggung jawab.Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut dapat ditemukan dalam novel baik secara implisit maupaun eksplisit. Keberadaan nilai-nilai karakter pendidikan dalam novel tersebut dinilai cukup lengkap.
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama
Hendriana, Evina Cinda dan Jacobus, Arnold. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. 1 (2) : 25-29.
Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta:Kemendiknas.
Kurniawan, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter Konsepsi & Impelementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi & Mayarakat, Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Mardiati, A., Heri, D., Arifin, B. S., & Hasanah, A. (2021). Core Ethical Values Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam. Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal, 6(1), 97–105. https://doi.org/10.51729/6129
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. Jakarta:Depdikbud.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (25th ed.). Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.