Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Kopi Gula Aren Versi “Angga Aldi Yunanda & Syifa Hadju”

Putri Rachmah Wijaya, Nina Widyanigsih

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna iklan kopi "Gula Aren" versi Angga Aldi Yunanda dan Syifa Hadju dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotika. Data yang dianalisis adalah gambar, teks, dan suara yang terdapat dalam iklan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan kopi "Gula Aren" mengandung makna denotasi, konotasi, dan mitos yang berkaitan dengan konsep cinta, kebahagiaan, dan kesehatan. Iklan ini juga menggunakan strategi persuasif untuk menarik minat konsumen dengan memanfaatkan popularitas dua bintang muda sebagai endorser.

Keywords


Semiotika, Roland Barthes, iklan, kopi, Gula Aren

Full Text:

PDF

References


Patriansah, M. et al. (2021). Communication Signs Behind Aji Windu Viatra ’ s Poster : A Saussure Semiotic Study. Ekspresi Seni, 217–228.

Patriansah, M., & Wijaya, R. S. (2021). Analisis Tanda Dalam Karya Seni Grafis Reza Sastra Wijaya Kajian Semiotika Peirce. Jurnal Rupa, 6(1), 34. https://doi.org/10.25124/rupa.v6i1.3 737




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i2.11106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.