Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Kopi Gula Aren Versi “Angga Aldi Yunanda & Syifa Hadju”
Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna iklan kopi "Gula Aren" versi Angga Aldi Yunanda dan Syifa Hadju dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotika. Data yang dianalisis adalah gambar, teks, dan suara yang terdapat dalam iklan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan kopi "Gula Aren" mengandung makna denotasi, konotasi, dan mitos yang berkaitan dengan konsep cinta, kebahagiaan, dan kesehatan. Iklan ini juga menggunakan strategi persuasif untuk menarik minat konsumen dengan memanfaatkan popularitas dua bintang muda sebagai endorser.
Keywords
Semiotika, Roland Barthes, iklan, kopi, Gula Aren
Full Text:
PDFReferences
Patriansah, M. et al. (2021). Communication Signs Behind Aji Windu Viatra ’ s Poster : A Saussure Semiotic Study. Ekspresi Seni, 217–228.
Patriansah, M., & Wijaya, R. S. (2021). Analisis Tanda Dalam Karya Seni Grafis Reza Sastra Wijaya Kajian Semiotika Peirce. Jurnal Rupa, 6(1), 34. https://doi.org/10.25124/rupa.v6i1.3 737
Refbacks
- There are currently no refbacks.