Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Kopi Gula Aren Versi “Angga Aldi Yunanda & Syifa Hadju”

Putri Rachmah Wijaya, Nina Widyanigsih

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna iklan kopi "Gula Aren" versi Angga Aldi Yunanda dan Syifa Hadju dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotika. Data yang dianalisis adalah gambar, teks, dan suara yang terdapat dalam iklan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan kopi "Gula Aren" mengandung makna denotasi, konotasi, dan mitos yang berkaitan dengan konsep cinta, kebahagiaan, dan kesehatan. Iklan ini juga menggunakan strategi persuasif untuk menarik minat konsumen dengan memanfaatkan popularitas dua bintang muda sebagai endorser.

Keywords

Semiotika, Roland Barthes, iklan, kopi, Gula Aren

Full Text:

PDF

References

Patriansah, M. et al. (2021). Communication Signs Behind Aji Windu Viatra ’ s Poster : A Saussure Semiotic Study. Ekspresi Seni, 217–228.

Patriansah, M., & Wijaya, R. S. (2021). Analisis Tanda Dalam Karya Seni Grafis Reza Sastra Wijaya Kajian Semiotika Peirce. Jurnal Rupa, 6(1), 34. https://doi.org/10.25124/rupa.v6i1.3 737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.