KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PODCAST DEDDY CORBUZIER PADA CHANNEL YOUTUBE

Dini Heryani, Hendaryan Hendaryan, Asep Hidayatullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantuan berbahasa dalam Podcast Deddy Corbuzier pada Channel Youtube sebagai alternatif bahan ajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan dari Podcast Deddy Corbuzier pada Channel Youtube. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik telaah pustaka, teknik simak, teknik catat, melakukan kodifikasi atau menandai data, teknik analisis data. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, analisis data dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik kesantunan berbahasa tuturan dalam Podcast Deddy Corbuzier pada Channel Youtube ditemukan adanya pematuhan kesantunan berbahasa 19 data dengan presentase 42% dan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa 26 data dengan presentase 57%

Keywords


Kesantunan berbahasa, Instagram, Siaran langsung

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Felicia. 2001. Pengertian Bahasa. Jakarta: PT. . Gramedia Pustaka.

Aisyah, C. et al. 2018. Analisis Kesantunan Berbahasa Dalam Program Opera Van Java Episode Pengambil Setan. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia). 1 (2):171-182.

Agustina, dkk. 2020. Kesantunan Berbahasa Sebagai Faktor Determinan Keberhasilan Pembelajaran Berbahasa. Alinea: Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajaran 9 (1): 76—84.

Adelia, J, Soeharno. 2021. Kesantunan Berbahasa Dalam Podcast Deddy Corbuzier. Kesantunan Berbahasa Dalam Podcast. 8 (6): 25-33.

Alawiyah, S.A. Sumarno. Ningsih, N.M. 2022. Kesantunan Berbahasa Dalam Film Keluarga Cemara Sutradara Yandy Laurens Sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas. Stilistika. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 15 (2): 337-348.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i2.11177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.