PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN STRATEGI MENGEMBANGKAN PERIBAHASA INDONESIA
Ratna Aisiyah, Herdiana Herdiana, Andri Noviadi
Abstract
ABSTRAKPenelitian yang berjudul “PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN STRATEGI MENGEMBANGKAN PERIBAHASA INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 5 Ciamis)”. Penelitian ini dilakukan sebagai respons terhadap fakta bahwa sebagian besar siswa kelas VIII A belum memiliki kemampuan yang memadai dalam menulis puisi bebas dengan penggunaan kata-kata yang tepat dan kesulitan dalam menyampaikan gagasan, hal yang sangat penting dalam pembelajaran menulis puisi bebas. Hasil wawancara dengan guru bahasa Indonesia kelas VIII A di SMP Negeri 5 Ciamis menunjukkan bahwa hasil ulangan siswa di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75, oleh karena itu langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan strategi mengembangkan peribahasa Indonesia perlu diidentifikasi dan perlu diketahui apakah strategi ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Bagaimanakah langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan strategi mengembangkan peribahasa Indonesia? Bagaimanakah peningkatan kemampuan siswa dalam menulis puisi setelah digunakan strategi mengembangkan peribahasa Indonesia? Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka, teknik observasi, teknik dokumentasi, teknik tes dan teknik analisis. Pengolahan data dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari setiap siklus, dianalisis secara deskriptif untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan perbaikan pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Setelah mendapat hasil yang diperlukan maka penulis mengambil kesimpulan sebagai berikut. 1. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. Langkah-langkah dalam peningkatan kemampuan menulis puisi bebas yang di lakukan guru kepada siswa melalui upaya perbaikan pembelajaran dengan menggunakan strategi mengembangkan peribahasa Indonesia di tempuh dalam empat langkah yakni (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan (action); (3) observasi (observation); dan (4) refleksi. Pelaksanaan proses penelitian di tekankan pada langkah-langkah pembelajaran menulis puisi dengan strategi mengembangkan peribahasa Indonesia yakni: kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir; 2. Hasil peningkatan kemampuan menulis puisi bebas yang di lakukan oleh guru kepada siswa melalui upaya perbaikan pembelajaran dengan menggunakan strategi mengembangkan peribahasa Indonesia diketahui bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa pada siklus 2 lebih baik dari siklus 1. Hal ini tampak dari perolehan nilai siswa pada siklus 1 dengan eata-rata nilai 72 dan siklus 2 dengan rata-rata nilai 82.Kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Puisi, Strategi mengembangkan Peribahasa Indonesia
Keywords
Pembelajaran Bahasa Indonesia, Puisi, Strategi mengembangkan Peribahasa Indonesia