PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI RAKYAT DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING

Pipit Fitriani

Abstract


Penelitian Tindakan (PTK) ini berjudul PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI RAKYAT DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 3 Ciamis). Penelitian ini bertolak dari kemampuan siswa kelas VII D dalam menulis pantun msih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan model quantum teaching dalam meningkatkan keterampilan siswa menulis pantun serta untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa menulis pantun setelah digunakan model quantum teaching. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian terdiri dari 28 siswa. Setelah dilaksanakannya pembelajaran menulis pantun dengan model quantum teaching,maka diperoleh hasil sebagai berikut. (1)Langkah-langkah penggunaan model quantum teaching dalam meningkatkan keterampilan siswa menulis pantun dimulai dengan kegiatan pendahuluan yaitu guru mengucapkan salam, mengondisikan siswa di kelas agar tertib untuk memulai pembelajaran, melakukan doa bersama sebelum pembelajaran dimulai, dan siswa menerima informasi kompetensi dasar, indikator, tujuan dan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan. Kegiatan Inti meliputi, pada tahap mengamati siswa mengamati tayangan video dan siswa memperhatikan arahan tentang menulis pantun yang disampaikan oleh guru. Berikutnya pada tahap menanya, guru menumbuhkan keinginan belajar siswa dengan bertanya jawab mengenai pengertian pantun, struktur dan kaidah pantun, jenis-jenis pantun dan langkah-langkah menulis pantun. Pada tahap mengumpulkan informasi, guru bersama siswa mencoba menggali sesuatu yang sudah dialami siswa yang akan menjadi bahan dalam menulis pantun, siswa ditugaskan untuk membuat kelompok, siswa dan guru bersama-sama menamai kelompok belajar dan membuat sebuah permainan untuk menentukan tema atau jenis pantun apa yang harus dibuat oleh siswa, Pada tahap mengasosiasi, siswa diberi kesempatan untuk menulis pantun. Berikutnya pada tahap mengomunikasikan siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas secara berkelompok,guru menegaskan atau mengulangi kembali secara singkat materi pembelajaran yang telah disampaikan kepada siswa. setelah menilai hasil kerja siswa, guru memberikan hadiah untuk kelompok terbaik, dan siswa bersama-sama merayakan keberhasilan dalam mengikuti pembelajaran. Kegiatan penutup siswa memperoleh simpulan dan refleksi. (2)Terdapat peningkatan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran menulis pantun dengan model quantum teaching. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata keterampilan siswa pada siklus I yaitu 72,3 meningkat menjadi 89,8 pada siklus II, atau meningkat sebesar 17,5.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.