PSIKOLOGI SASTRA DALAM NOVEL ANANTA PRAHADI KARYA RISA SARASWATI

Fitri Rahmah, Sirojul Munir

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya tuntutan yang mengharuskan siswa memiliki kondisi psikologis sesuai dengan kriteria bahan ajar, fakta yang terjadi berdasarkan hasil analisis dokumen buku sumber bahan ajar, faktanya kurang mengandung kondisi psikologis. Tujuan penelitian ini, mendeskripsikan psikologi sastra dalam novel Ananta Prahadi karya Risa Saraswati. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dijabarkan ke dalam langkah-langkah sesuai dengan teknik pengumpulan dan pengolahan datanya, yaitu (1) teknik studi pustaka, (2) teknik analisis (disebut teknik pengolahan data yang terdiri dari, reduksi data, tabulasi, dan keabsahan data), (3) teknik dokumentasi, dan (4) tahap penyusunan laporan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan dalam novel Ananta Prahadi karya Risa Saraswati terdapat psikologi sastra yang dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar siswa. Aspek yang dikaji dalam penelitian ini adalah unsur-unsur kejiwaan meliputi, (1) id (khayalan) yang terdiri dari, karakter tokoh yang berusaha memenuhi ketegangan insting dan berusaha mencapai kepuasan dorongan biologis dengan cara khayalan, (2) ego, (perantara) yang terdiri dari, karakter tokoh yang berusaha memenuhi ketegangan insting dan menjembatani dorongan biologis dengan cara realitas, sesuai dengan kondisi dunia luar yang diharapkan, dan (3) super ego (hati nurani) yang terdiri dari, karakter tokoh yang mengenali dan menerima norma masyarakat, kemudian menuntut individu untuk hidup sesuai dengan norma masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2016. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Endraswara, S. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo.

Hamali, S. 2018. Kejiwaan dalam Teori Sigmund Freud dan Nafsiologi dalam Islam. Jurnal Al-Adyan. 13 (2): 288.

Husin. 2017. Id, Ego dan Super Ego dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Al Qalam. 11 (23): 51.

Jahja, Y. 2015. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Junier, S. 2018. Memahami Peran Psikologi Pendidikan untuk Pembelajaran. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kontekstual. 1 (1): 97.

Minderop, A. 2016. Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Saraswati, R. 2018. Ananta Prahadi. Jakarta: Bukune.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Waslam. 2015. Kejiwaan dalam Teks Sastra: Suatu Tinjauan Teori Sigmund Freud. Jurnal Pujangga. 1 (2): 143.

Yusuf, A. dan Nurihsan, J. 2013. Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v5i1.6498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.