PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA ( Alternatif Model Media Pembelajaran Ditengah Masa Pandemi Covid 19 Pada Siswa Kelas VIII MTs Cijambe Kab Tasikmalaya)

Ujang Andi Mulyadi, Nia Rohayati, D Rukaesih

Abstract


Latar belakang masalah penelitian ini adalah kemampuan menulis teks berita siswa kelas MTs Cijambe belum optimal. Salah satu faktornya adalah media yang digunakan guru kurang tepat dan tradisional. Untuk mengatasinya, dilakukan dengan penggunaan media Video. Fokus kajian penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan media Video. Metode penelitiannya adalah metode deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas berbasis pembelajaran jarak jauh ( PTK Berbasis PJJ). Teknik pengumpulan datanya adalah Tes. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh simpulan sebagai berikut.1. Langkah-langkah penggunaan media Video untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berita.2. Terdapat peningkatan kemampuan menulis teks berita pada siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media video. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai siswa yang meningkat pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kemampuan awal siswa (PJJ I) sebelum menggunakan media video dari 21 siswa, 17 siswa masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 70 dengan rata – rata nilai 60. Pada Pembelajaran Jarak Jauh II (PJJ II) hampir semua dinyatakan dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 70 dengan rata – rata nilai 79, 38. Artinya, nilai hasil belajar siswa dalam menulis teks berita dari PJJ I ke PJJ II mengalami peningkatan dengan selisih/peningkatan nilai 19, 38.

Full Text:

PDF

References


Tarigan, Henry Guntur. 1984. Menulis: Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Rinanto, Andre. 1982. Peranan Media Audiovisual dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Wiharyanto, A. Kardiyat. 2005. Teknik Menulis Berita. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Arikunto, Suharsimi. 1991. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suhardjono, Sapardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013 . Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Suwandi, Sarwiji. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.

Aris Shoimin, 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar – Ruzz Media, 2014.

Firdos Mujahidin. 2017. Strategi Mengelola Pembelajaran Bermutu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yunus Abidin, 2015. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Permendikbud No 37 Tahun 2018 Tentang KI – KD https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud%20Nomor%2037%20Tahun%202018.pdf. Diakses Pada Tanggal 20 januari 2021.

Emiliana Erlina, Endang Susilowati, Laurensius Salem, 2016. Peningkatan Pembelajaran Menulis Teks Berita Menggunakan Media Audio Visual Di Smp Santo Fransiskus. Vol 5 No 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v5i1.6538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.