NILAI SOSIAL DALAM NOVEL “DIKTA DAN HUKUM” KARYA DHIA’AN FARAH

Windasari Windasari, Juju Juandi, Andri Noviadi

Abstract


ABSTRAKWINDASARI. 2108180023,             Program Studi Pendidikan Bahasan dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis            Penelitian ini berjudul “Nilai Sosial dalam Novel Dikta dan Hukum karya Dhia’an Farah”. Adapun yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini adalah bahan ajar mengenai novel yang terdapat dalam buku paket kurang adanya penguatan secara mendalam, novel yang disediakan kurang menarik minat belajar sehingga peserta didik merasa bosan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana nilai sosial yang terdapat dalam novel Dikta dan Hukum karya Dhia’an Farah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai sosial yang terdapat dalam novel Dikta dan Hukum karya Dhia’an Farah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka, teknik dokumentasi, teknik analisis dan teknik penyusunan laporan. Hasil penelitian terhadap nilai sosial dalam novel Dikta dan Hukum karya Dhia’an Farah dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Nilai kasih sayang meliputi a) tolong menolong, b) rasa kekeluargaan, c) kesetiaan, d) kepedulian. (2) Nilai tanggung jawab meliputi a) rasa memiliki, b) empati, c) disiplin. (3) Nilai keserasian hidup meliputi a) keadilan, b) toleransi, c) kerja sama.            Setelah menganalisis nilai sosial yang terkandung di dalamnya sehingga dapat diimplikasikanterhadap pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesiadi sekolah, dalam aspek membaca. Pada pembelajaran ini, kompetensi pembelajaran bahasa Indonesia kelas X pada Kompetensi Dasar (KD) 3.18 menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku non fiksiyang sudah dibaca.Kata Kunci: Novel, Nilai Sosial, Bahan Ajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dhohiri, T. R. (2007). Sosiologi. Suatu Kajian Kehidupan Masyarakat. Yudhistira.

Elisanti. (2009). Sosiologi. Jakarta: Pusbuk Depdiknas.

Kosasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia Puisi Prosa Drama. Jakarta: Nobel Edumedia.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Wiyono, E. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia Lengkap. Jakarta: Palanta.

Zubaedi. (2012). Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sumber dari Jurnal:

Amran, A. (2012). Konsep Adil dan Ihsan Menurut Aqidah, Ibadah dan Akhlak. Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam (6) 2 , 101-114.

Arditiya. (2016). Internalisasi Nilai Ketuhanan pada Novel Orang-Orang Proyek karya Ahmad Tohari. Kembara : Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, (2) 2 , 114-125.

Astuti, R. D. (2016). Nilai Sosial dalam Novel Gadis Pantai karya Pramoedya Anantatoer. Jurnal Pesona, 2 (1) , 1-7.

M. Thoriqul Huda, U. D. (2019). Urgensi Toleransi antar Agama dalam Perspektif Tafsir AL-Syarawi (8) 1. 44-60.

Sarina Dewi Helmut, M. N. (2021). Hubungan antara Empati dan Pemaafan para Remaja di Kota Maumere. Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang , 45-55.

Septianti, D. (2017). Analisis Pengaruh Disiplin Kerja dan Tunjangan kinerja Daerah Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Prabumulih. Jurnal Manajemen, (5) 4 , 1-9.

Sulastri, S. (2019). Representasi Nilai Kesetiaan dalam Novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye. Jurnal Pendidikan Bahasa (8) 2 , 269-280.

Wahyuningsih, S. (2019). Nilai Sosial dalam Novel Mantan karya Siti Umrotun. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Jember) .




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.