PEMBELAJARAN PANTUN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MODEL KONTEKSTUAL DI KELAS VII SMP N 2 PADAHERANG KABUPATEN PANGANDARAN

Chania Fikida Putri

Abstract


ABSTRAKPembelajaran ini berjudul “Pembelajaran Menulis Pantun Dengan Menggunakan Model Kontekstual di Kelas VII SMP N 2 Padaherang Kabupaten Pangandaran”. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu bahwa terdapat beberapa masalah yang didapati pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP N 2 Padaherang, hal tersebut dapat dilihat dari rendahnya kemampuan siswa dalam menulis pantun, yaitu dalam membuat pantun yang sesuai dengan tema dan objek yang ditentukan. Serta siswa masih kurang mampu dalam menentukan sampiran. Permasalahan ketiga siswa terlihat pasif sehingga pembelajaran hanya berpusat pada guru dan siswa hanya menyimak penjelasan yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menulis teks pantun dengan menggunakan model kontekstual, untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks pantun menggunakan model kontekstual, mendeskripsikan perubahan kemampuan siswa dalam menulis teks pantun setelah melakukan pembelajaran menggunakan model kontekstual. Metode yang digunakan dalam peneliti ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. 1) Perencanaan pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan model kontekstual tersusun berdasarkan perencanaan program kurikulum 2013 dan  Kriteria RPP menurut Permendikbud No. 41/2007. Secara keseluruhan perencanaan pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan model kontekstual termasuk kategori baik; 2) Langkah-langkah menulis pantun dengan menggunakan model kontekstual terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir; 3) Perubahan kemampuan siswa. Dilihat dari hasil uji statistik dapat disimpulkan bahwa distribusi data adalah normal. Varian data penilaian menulis pantun pada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sama atau homogen. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar daripada pascatest kelas kontrol (84,29 > 76,86), maka itu artinya secara deskriptif ada perbedaan rata-rata antara nilai menulis pantun dengan menggunakan model kontekstual dan nilai menulis pantun dengan menggunakan model discovery learning. Hasil uji korelasi, nilai koefisien korelasi (correlation) kelas eksperimen lebih besar dari kelas Kontrol (0,636 > 0,170) artinya hubungan kuat dan positif. Nilai signifikansi kelas eksperimen mengalami perubahan yang lebih signifikan (berarti). Signifikansi kelas ekpesimen juga lebih besar dari pada kelas kontrol ( 23,302 > 9,856) yang artinya terdapat perubahan kemampuan menulis pantun siswa dengan menggunakan model kontekstual.Kata kunci: Pembelajaran, Menulis Pantun dan Model Kontekstual

Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2002). Desain penelitian. Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif, Jakarta : KIK.

Dalman, H. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers. (diakses 17 Desember 2021 )

Dimyati, dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Asdi Mahasatya, 2006 (diakses tanggal 20 Desember 2021)

Elaine B, Johnson. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center, 2008. (diakses 17 Desember 2021)

Nurhayati. 2002. Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Anak Melalui Pendekatan Kontekstual dan Media Kartu Pantun Pada Kelas V SDN Paron 2 Ngawi. Ngawi : Jurnal Pendidikan. (diakses tanggal 6 Februari 2022)

Putri, Ade. 2013. Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun melalui Pendekatan Kontekstual dengan Media Objek Langsung Siswa Kelas IV Semester II SDN 2 Battal Tahun Pelajaran 2012/2013 . Battal : Jurnal Pendidikan. (diakses tanggal 6 Februari 2022)

Subrata. 2010. Puisi-Pantun dan Peribahasa. Solo : CV. Bringin 55 Solo. (diakses tanggal 20 Desember 2021)

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. (diakses 17 Desember 2021)

Umar, H. S., & Martono, H. (2014). Pendekatan Pembelajaran Kontekstual untuk Kecakapan Menulis Pantun Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(11). (diakses 30 Desember 2021)

Wina, Sanjaya. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Prenada Media (diakses 27 Desember 2021)

Zaidan, Abdul Rozak, Anita K Rustapa, dan Hani’ah. Kamus Istilah Sastra. Jakarta : Balai Pustaka, 1994. (diakses 7 Januari 2022)




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i1.8623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.