PEMBERDAYAAN PELAKU EKONOMI KREATIF OLEH BIDANG EKONOMI KREATIF DINAS PARIWISATA KABUPATEN CIAMIS (STUDI KASUS PADA DESA PATAKAHARJA KECAMATAN RANCAH KABUPATEN CIAMIS)

Reza Andriani, R. Didi Djadjuli, Etih Henriyani

Sari


ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dengan belum optimalnya Pemberdayaan Pelaku Ekonomi Kreatif Oleh Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis (Studi Kasus Pada Desa Patakaharja Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis). Hal tersebut terlihat dari kurangnya komunikasi dalam hal sosialisasi antara pihak Dinas dan Desa, belum masifnya sinergitas antara pihak Dinas dan Desa, Kurangnya upaya pihak Dinas dalam memberikan evaluasi, serta memberikan aksesibilitas terhadap bantuan pendanaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemberdayaan Pelaku Ekonomi Kreatif Oleh Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis di Desa Patakaharja. Métode penelitian yang digunakan yaitu métode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari data primer dengan 6 orang informan dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Pemberdayaan Pelaku Ekonomi Kreatif Oleh Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis yang diukur dengan 5 dimensi, belum dapat berjalan dengan optimal. Hal tersebut terjadi karena masih terdapat hambatan dalam proses pelaksanaannya seperti keterbatasan dalam memberikan pelatihan teknis dan juga pendampingan kepada pelaku usaha yang belum menyeluruh, keterbatasan dalam peningkatan akses pemasaran dan permodalan, belum adanya kebijakan mengenai penetapan stándar harga produk dan juga belum adanya peraturan mengenai kualitas produk usaha. Kata kunci: Pemberdayaan, Ekonomi Kreatif, Pelaku Usaha. ABSTRACT  The background of this research is the not yet optimal Empowerment of Creative Economy Actors by the Creative Economy Sector of the Ciamis Regency Tourism Office (Case Study in Patakaharja Village, Rancah District, Ciamis Regency). This can be seen from the lack of communication in terms of outreach between the Office and the Village, the lack of synergy between the Office and the Village, the lack of effort by the Service in providing evaluations, and providing accessibility to funding assistance. This study aims to determine the Empowerment of Creative Economy Actors by the Creative Economy Sector of the Ciamis Regency Tourism Office in Patakaharja Village. The research method used is a qualitative method with a case study approach. Data collection techniques in the form of library research and field studies consisting of observation, interviews, and documentation. Data sources consist of primary data with 6 informants and secondary data. Based on the research results, it is known that the Empowerment of Creative Economy Actors by the Creative Economy Sector of the Ciamis Regency Tourism Office as measured by 5 dimensions has not been able to run optimally. This happens because there are still obstacles in the implementation process such as limitations in providing technical training and also assistance to business actors that are not yet comprehensive, limitations in increasing access to marketing and capital, the absence of policies regarding standard setting of product prices and also the absence of regulations regarding product quality. business. Keywords: Empowerment, Creative Economy, Entrepreneurs.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku dan Jurnal:

Aldy Rochmat, Purnomo. 2016. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Yogyakarta: Fadilatama.

Amalia dan Bratakusumah. 2023. Koperasi dan UMKM Basis Kekuatan Ekonomi Rakyat Penopang Pertumbuhan. Solok : Mitra Cendekia Media.

Handayani dan Bismala. 2022. Monogrof Eksplorasi Kompetensi Kewirausahaan Pelaku Usaha Kecil Menengah. Medan : Umsu Press.

Harinie Luluk. T, dkk. 2023. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Bali: CV. Intelektual Manifes Media.

Herwina Wiwin. 2023. Perencanaan Program Pendidikan Masyarakat. Madiun : CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Ismail. 2021. Bank Wakaf Miko:Sebuah Kajian Analisis Peran dan Tantangan Dalam Pemberdayaan Ekonomi Ummat. Medan: CV. Merdeka Kreasi Group.

Kasmir. 2014. Kewirausahaan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Mangkunegara Anwar. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Pemuda Rosdakarya.

Mardikanto dan Soebianto. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Dalam perspektif Kebijakan Publik. Bandung : Alfabeta.

Mulyani.Y.S. 2017. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Enterpreneurship Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Dalam Meningkatkan Industri Pariwisata. Jurnal Khasanah Ilmu. 8(2): 20-31.

Saleh Yusuf & Said Miah. 2019. Konsep dan Strategi Pemasaran. Makasar: CV. Sah Media

Sugiyono. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta

Zubaedi. 2013. Pengembangan Masyarakat Wacana dan Praktek. Jakarta: Pustaka Kencana Prenada Media Grup.

Dokumen-dokumen :

Peraturan Bupati Ciamis nomor 109 tahun 2021 tentang uraian fungsi kelompok substansi pada organisasi jabatan administrator di lingkungan dinas pariwisata pada bagian keempat bidang Ekonomi Kreatif Pasal 5.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v11i1.12020

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin