IINOVASI PELAYANAN SERTIFIKASI HALAL GRATIS (SEHATI) BAGI USAHA MIKRO KECIL PADA LP3H UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

engkus engkus engkus, Fauzan Hanif Abdillah, Indri Apriyanti, Kawthar Kawthar

Sari


Amanat yang terdapat pada Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal menyatakan bahwa seluruh produk yang beredar di Indonesia harus bersertifikasi halal. Tetapi pada kenyataannya terdapat kesenjangan antara jumlah UMK dengan produk yang sudah bersertifikasi halal. Oleh karena itu, LP3H UIN Sunan Gunung Djati Bandung merespon inisiasi pemerintah melalui terkait inovasi pelayanan sertifikasi halal gratis atau SEHATI. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan inovasi program SEHATI di LP3H UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pendekatan penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan mengaplikasikan teori Difussion of Innovations. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan desain penelitian studi kasus. Informan didapatkan melalui teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa inovasi pelayanan berupa program SEHATI telah terlaksana dengan baik dan menjadi program baru yang kebermanfaatannya dirasakan oleh masyarakat sebagai sebuah inovasi pelayanan publik. Kata Kunci : Jaminan Produk Halal, Sertifikat Halal, LP3H, SEHATI, Inovas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Indonesia 2022.

Charity, M. L. (2017). JAMINAN PRODUK HALAL DI INDONESIA (HALAL PRODUCTS GUARANTEE IN INDONESIA). Jurnal Legislasi Indonesia, 14(1), 99–108.

Cresswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (5th ed.). Pustaka Pelajar.

Engkus, Azan, A. R., Hanif, A., & Fitri, A. T. (2021). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. DIALEKTIKA: Jurnal Ilmu Sosial, 19(1), 39–46. https://jurnaldialektika.com/index.php/piani/article/view/62

Engkus, E., & Syamsir, A. (2021). Public organizational performance: Policy implementation in environmental management in Bandung City. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 34(4), 380–394. https://doi.org/10.20473/mkp.v34i42021.380-394

Faridah, H. D. (2019). Halal Certification in Indonesia; History, Development, and Implementation. Journal of Halal Product and Research, 2(2), 68–78.

Hartati, R. (2019). PERAN NEGARA DALAM PELAKSANAAN JAMINAN PRODUK HALAL. ADIL: Jurnal Hukum, 10(1), 72–92. http://www.tribunnews.com/bisnis/2017/10/13/mulai-2019-sertifikasi-produk-halal-jadi-

Harun, D. N. A., Rares, J. J., & Mambo, R. (2022). Inovasi Dalam Pelayanan Publik (Sstudi Pada Sistem Layanan Online Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Manado). JAP: Jurnal Administrasi Publik, 8(116), 10–17. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/40070

Isabela, M. A. C. (2022, March 10). Prinsip dan Asas Pelayanan Publik. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2022/03/10/02000061/prinsip-dan-asas-pelayanan-publik

Jahar, A. S., & Thalhah. (2017). Dinamika Sosial Politik Pembentukan Undang-Undang Jaminan Produk Halal. Al Ihkam: Jurnal Hukum & Pranata Sosial, 12(2), 385–404. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/al-lhkam.v12i2.1232

Jakiyudin, A. H., & Fedro, A. (2022). Sehati: Peluang Dan Tantangan Pemberian Sertifikasi Halal Gratis Bagi Pelaku UMK Di Indonesia. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Islam, 7(2), 182–194. https://jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/al-mustashfa/article/viewFile/10666/4688

Maysara, & As’ari, H. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Sistem Aplikasi Potensi Investasi (Siapi) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai. JMIP: Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik, 3(3), 215–226. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jmiap.v3i3.290

Nur, F. (2021). Jaminan Produk Halal Di Indonesia Terhadap Konsumen Muslim. Likuid: Jurnal Ekonomi Industri Halal, 1(1), 43–54. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/likuid/article/view/12732/5599

Nurlisa, N. (2021, March 26). Karakteristik Inovasi dan Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Menurut Rogers. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/nadyanurlisa/6059f512d541df4f7f308a72/karakteristik-inovasi-dan-faktor-yang-mempengaruhi-keputusan-menurut-rogers

Pangestu, W. R. (2016). Inovasi Pelayanan One Stop Service (Studi Peningkatan Kualitas Pelayanan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya). Kebijakan Dan Manajemen Publik, 4(2), 1–7. https://journal.unair.ac.id/KMP@inovasi-pelayanan-one-stop-service-(studi-peningkatan-kualitas-pelayanan-paspor-di-kantor-imigrasi-kelas-i-khusus-surabaya)-article-10874-media-138-category-8.html

Putra, M. B. (2020, November 29). Mengenal Pelayanan Publik. Ombudsman RI. https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--mengenal-pelayanan-publik

Putri, A. M. H. (2023, March 28). Negara Dengan Umat Muslim Terbanyak Dunia, RI Nomor Berapa? CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/research/20230328043319-128-424953/negara-dengan-umat-muslim-terbanyak-dunia-ri-nomor-berapa

Sellfia, N. R., Dayat, U., & Aryani, L. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government Dalam Aplikasi Sampurasun Purwakarta. Kinerja: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 18(4), 590–598. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA

Sugandini, D., & Effendi, M. I. (2013). PUPUK ORGANIK BERSUBSIDI. The Annual Doctoral Colloqium: Ethically Suistainable Business Practice and Green Economy. http://www.upn.ac.id

Veronika. (2021). Pengertian Administrasi Publik: Sifat, Ruang Lingkup, Fungsi, Tujuan, dan Teorinya. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/literasi/administrasi-publik/

Yin, R. K. (2006). Studi Kasus: Desain & Metode (Rev). RajaGrafindo Perkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v10i3.12626

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin