INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN CIAMIS

Erwin Irawan, Anne Hadigustian, Sahadi Sahadi, Lina Marliani

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi dengan belum maksimalnya inovasi pelayanan publik di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ciamis. Di era yang semua sudah menggunakan teknologi informasi, Dinas Komunikasi dan Informatika melakukan inovasi untuk mengikuti perkembangan era ini yaitu dengan meluncurkan sebuah inovasi berupa aplikasi yang bernama Helo Ciamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi berupa aplikasi Helo Ciamis yang menjadi pusat berbagai macam informasi yang dibutuhkan masyarakat, pusat integrasi aplikasi e-government seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa inovasi pelayanan publik berupa aplikasi Helo Ciamis di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ciamis yang diukur dengan lima dimensi, hasilnya belum berjalan optimal. Hal tersebut terjadi karena masih terdapat hambatan dalam proses penggunaannya seperti adanya pelayanan yang masih belum tergabung dalam aplikasi Helo Ciamis, fitur yang belum dapat diakses, dan masyarakat yang belum mengetahui adanya aplikasi Helo Ciamis serta penggunaannya secara penuh. Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan, Aplikasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andiyana, C. F. (2016). Inovasi Layanan Admnistrasi 30 Detik Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Kantor Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujunpangkah Kabupaten Gresik. PUBLIKA, 1-7.

Aziz, F. N., Mubin, F., Hidayat, R. J., Nurjaman , A., Romadhan, A. A., Sulistyaningsih , T., & Hijr, Y. S. (2021). Bagaimana Teknologi Informasi dan Komunikasi Bertransformasi menjadi Inovasi Pelayanan Publik? PERSPEKTIF, 616-626.

ciamiskab. (2023, Mei 29). Diskominfo Ciamis Luncurkan Aplikasi Helo Ciamis. Retrieved from ciamiskab.go.id: https://ciamiskab.go.id/portal-media/diskominfo-ciamis-luncurkan-aplikasi-helo-ciamis/#:~:text=Byciamiskab&text=Apa%20itu%20aplikasi%20Helo%20Ciamis,satu%20aplikasi%20yaitu%20Helo%20Ciamis

Hisbani, N. A., Karim, M., & Malik, I. (2015). Penerapan Iovasi Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Enrekang. Jurnal Administrasi Publik, 268-269.

Lestari, P. A., Tasyah, A., Syofira, A., Rahmayani, C. A., Cahyani, R. D., & Tresiana, N. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital (E-Government) di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Administrasi, 211-222.

PERATURAN PENGGUNAAN APLIKASI Helo Ciamis. (2023, Februari). Retrieved from sekota.id: https://sekota.id/tos-kab-ciamis.html

Prabowo, H., Suwanda, D., & Syafri , W. (2022). Inovasi Pelayanan Pada Organisasi Publik . Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA .

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUALITATIF. Bandung: Alfabeta, CV.

Suwarno, Y. (2008). Inovasi di Sektor Publik. Jakarta: STIA-LAN Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v11i2.12680

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin