PELAYANAN PENDAFTARAN HAJI OLEH KEMENTRIAN AGAMA KABUPATEN CIAMIS
Sari
Penelitian ini dilatar belakangi dengan belum maksimalnya pelayanan pendaftaran haji oleh Kementrian Agama Kabupaten Ciamis. Dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat diperlukannya pelayanan yang optimal terutama dalam hal pelayanan pendaftaran haji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan pendaftaran haji oleh Kementrian Agama Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan pendaftaran haji oleh Kementrian Agama Kabupaten Ciamis belum sepenuhnya optimal yang dimana terdapatnya kendala khususnya dalam pendaftaran secara online melalui website SISKOHAT seperti server error, ketidaktahuan pendaftar dalam penggunaan SISKOHAT sehingga menyebabkan proses pendaftaran haji menjadi terhambat beberapa waktu dan masyarakat belum sepenuhnya mengerti terkait teknis penggunaan SISKOHAT karena belum mendapatkan sosialisasi terkait teknis penggunaan SISKOHAT dari Kementrian Agama Kabupaten Ciamis.Kata Kunci : Pendaftaran Haji, Kementrian Agama, SISKOHAT
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Mukarom, Zaenal & Muhibudin W.L (2015:108). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Kemenag. (2008). Undang-Undang RI Nomor 13 Tahun 2008, tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v11i2.12681
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
DINAMIKA
Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
email: dinamika@unigal.ac.id
ISSN: 2356-2269
eISSN: 2614-2945
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0
Created by Admin