PELAYANAN PENDAFTARAN HAJI OLEH KEMENTRIAN AGAMA KABUPATEN CIAMIS

Cindy Oktriany Natatian Alamsyah, Linda Siti Maida, Ahmad Juliarso

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi dengan belum maksimalnya pelayanan pendaftaran haji oleh Kementrian Agama Kabupaten Ciamis. Dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat diperlukannya pelayanan yang optimal terutama dalam hal pelayanan pendaftaran haji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan pendaftaran haji oleh Kementrian Agama Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan pendaftaran haji oleh Kementrian Agama Kabupaten Ciamis belum sepenuhnya optimal yang dimana terdapatnya kendala khususnya dalam pendaftaran secara online melalui website SISKOHAT seperti server error, ketidaktahuan pendaftar dalam penggunaan SISKOHAT sehingga menyebabkan proses pendaftaran haji menjadi terhambat beberapa waktu dan masyarakat belum sepenuhnya mengerti terkait teknis penggunaan SISKOHAT karena belum mendapatkan sosialisasi terkait teknis penggunaan SISKOHAT dari Kementrian Agama Kabupaten Ciamis.Kata Kunci : Pendaftaran Haji, Kementrian Agama, SISKOHAT

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mukarom, Zaenal & Muhibudin W.L (2015:108). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Kemenag. (2008). Undang-Undang RI Nomor 13 Tahun 2008, tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v11i2.12681

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin