TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN PADA APLIKASI MOBILE JKN DI KOTA TOMOHON

Jeane Mantiri, Axel Wangkai, Ronald Jolly Pongantung, Steven Tarore

Sari


The study aims to identify, describe and analyze the Service Satisfaction Rate of BPJS Health Participants on JKN Mobile Applications in Tomohon City. Data is collected through observation techniques, interviews and interviews as well as documentation. The results of this study, showed the level of satisfaction of the client received by the participants of BPJS Health in Kelurahan Talete Kota Tomohon through online media mobile application JKN related to human resources and applications used. Some officials are not aware of the existence of the Mobile JKN application, and do not receive socialization from any party including BPJS Health. And not all participants can use the mobile JKN app and not all the participants feel at ease with the presence of the mobile application JKN, because at the time of its use there are many obstacles, impediments and problems, such as server errors, features in the application do not work properly, as well as the application often happens updates of the application too often.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Banowati, L., & Revilia, D. (2021). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile JKN. Health Care: Jurnal Kesehatan, 10(1), 78–84.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5038, (2009).

Hansiden, P. E. (2022). IMPLEMENTATION OF VILLAGE FUND POLICY (Study in Lansot Village, North Minahasa Regency). Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 6(1), 390–393.

Harfika, J., & Abdullah, N. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien pada rumah sakit umum Kabupaten Aceh Barat Daya. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 14(01).

Hasibuan, M. S. P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Bumi Aksa.

Huberman, A. (2014). Qualitative data analysis a methods sourcebook.

Humas, B. (2020). Sejarah Perjalanan Jaminan Sosial di Indonesia. Dari Https://Www. Bpjs-Kesehatan. Go. Id/Bpjs/Index. Php/Pages/Detail/2013/4. Diakses Pada Tanggal, 1.

Undang-undang (UU) Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, 34 Lembaran RI tahun (2004).

Kuhu, F., & Dilapanga, A. (2019). Pelayanan perusahaan daerah air minum dalam penyediaan air bersih di Kecamatan Pasan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Administro: Jurnal Kajian Kebijakan Dan Ilmu Administrasi Negara, 1(1), 41–44.

Mantiri, J., Dilapanga, A. R., Noviantoro, T. N., & Polii, E. H. (2023). Effectiveness of Police Services in Handling Community Reports in the Minahasa Regency Police Force (Case Study of Minahasa Regency Police). Technium Social Sciences Journal, 49, 153–157.

Mantiri, J., Walangitan, B., Bura, A., & Polii, E. H. (2024). Evaluasi Kinerja Pegawai di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Minahasa. Academy of Education Journal, 15(1), 523–530. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2238

Nawawi, H. (2001). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Polii, E. H. (2023). Implementasi Fungsi Badan Pemusyawaratan Desa Lansot Kecamatan Kema Kabupaten Minahasa. Jurnal Administro : Jurnal Kajian Kebijakan Dan Ilmu Administrasi Negara, 5(1), 21–27. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/administro/article/view/6587

Polii, E. H., Pangkey, I., & Dilapanga, A. R. (2021). Evaluation of Governance Implementation Minahasa Regency Drinking Water Company. International Journal of Social Science and Human Research, 4(06).

Pratiwi, A. N. (2016). Faktor yang mempengaruhi keteraturan membayar iuran pada peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) kategori peserta mandiri (studi kasus pasien rawat Inap Rumah Sakit Dr. Soebandi Kabupaten Jember).

Pratiwi Hanjayani Putri. (2019). Analisis penerimaan pengguna terhadap aplikasi mobile jkn badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan dengan menggunakan model unified theory of acceptance and use of technology [Bachelor’s thesis]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rantung, M. (2022). Efektivitas Pelayanan Administrasi Online di Masa Pandemi di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2).

Saptonoadi, C. F. N. A., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2018). Kualitas dan Kesuksesan Implementasi Sistem Informasi Kesehatan dengan Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology dan Model Delone and Mclean. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(12), 6386–6390.

Siwij, D., Dilapanga, A., & Polii, E. (2024). Transparansi dalam Tata Kelola Perusahaan Air Minum Daerah di Kabupaten Minahasa. Academy of Education Journal, 15(1). https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2233

Sugiyono, P. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (D. Sutopo. S. Pd, MT, Ir. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.

Tifani Asri Rahayu. (2021). Analisis Minat Penggunaan Aplikasi Mobile JKN dengan Menggunakan Model Modifikasi Unified Theory Acceptance and Use Technology 2 (UTAUT2) Studi Kasus: BPJS Kesehatan Kab. Toraja Utara [Doctoral dissertation]. UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v11i1.13910

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin