EFEKTIFITAS PROMOSI WISATA PADA OBJEK WISATA SITE MUSEUM TAMBAKSARI DI DESA TAMBAKSARI KECAMATAN TAMBAKSARI KABUPATEN CIAMIS
susi maryati
Sari
Setelah melalui berbagai kajian berbagai teori tentang efektifitas promosi wisata yang dilanjutkan dengan observasi lapangan serta melakukan wawancara dengan beberapa narasumber, peneliti menyimpulkan bahwa:1. Efektifitas promosi wisata Site Museum Tambaksari yang selama ini dilakukan sudah termasuk dalam kategori baik, terbukti dengan hasil observasi lapangan yang menunjukkan bahwa kunjungan wisatawan dalam 10 tahun terakhir terus meningkat. Sementara hasil wawancara dengan nara sumber menunjukkan bahwa mayoritas nara sumber menyatakan baik.2. Hambatan-hambatan yang ditemui dalam promosi wisata Site Museum Tambaksari adalah masalah keterbatasan Sumber Daya Manusia, keterbatasan fasilitas sarana prasarana, serta masalah finansial/dana3. Upaya-upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan yang ditemui dalam promosi wisata Site Museum Tambaksari antara lain: a. Untuk mengatasi hambatan dalam hal Sumber Daya Manusia pihak museum merekrut tenaga khusus, mengadakan pelatihan terhadap personil yang ada, dan bekerja sama dengan pihak lain b. Untuk mengatasi hambatan dalam hal fasilitas, pihak museum mengajukan proposal rehabilitasi serta mengoptimalkan partisipasi masyarakat c. Untuk mengatasi masalah finansial/dana, pihak museum melakukan kerja sama promosi dengan institusi pendidikan, memanfaatkan jejaring sosial, dan melakukan kerja sama dengan pihak ketiga. Kata Kunci : efektivitas, promosi wisata, Site Museum Tambaksari
Teks Lengkap:
PDF (English)
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Revished Edition). Jakarta: Rineka Cipta.
Handayaningrat. Suwarno. 2006. Pengantar Ilmu administrasi Negara. Jakarta. Haji Masagung
Siagian, Sondang P. 2001. Organisasi, Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi. Jakarta. Gita Karya
Steer, M Richard. 1980. Efektifitas Organisasi, Jakarta: Erlangga
Sudjana. Nana. 2008. Metode Statistika, Bandung. Tarsito.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta
Undang-undang Republik Indonesia No. 9 Tahun 1990 tentang Kepariwisataan
Wahyudin. 1997. Pengantar Statistika. Bandung. Rosda Karya
(https://id.wikipedia.org/wiki/Promosi_pemasaran)
DOI:
http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v5i2.1457
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
DINAMIKA
Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Galuh
email: dinamika@unigal.ac.id
ISSN: 2356-2269
eISSN: 2614-2945
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0
Created by Admin