ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM PEMBUATAN SERTIFIKAT HAK MILIK ATAS TANAH DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN DELI SERDANG

Maria Pratiwi Manurung, R. Sally Marisa Sihombing

Sari


Kantor Pertanahan Kabupaten Deli Serdang mempunyai peranan penting dalam memberikan pelayanan yang memadai kepada pemerintah kota di bidang pertanahan khususnya dalam pembuatan sertifikat tanah. Namun masih banyak kendala untuk melengkapi sertifikat tanah ini di Kantor Pertanahan Kabupaten Deli Serdang. Ada anggapan negatif di kalangan warga Kabupaten Deli Serdang seperti prosedur pengisian berkas yang panjang dan rumit, adanya calo.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan Sertifikat Hak Milik Atas Tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk menganalisis kualitas pelayanan dalam pembuatan tanah penulis menggunakan teori dari Zeithaml, dkk (1990) yang mencakup lima indikator: bukti fisik, kehandalan, responsivitas, jaminan, dan empati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator bukti fisik dan kehandalan sudah berjalan dengan baik, namun indikator responsivitas dan jaminan belum memadai akibat kurangnya responsivitas dan penundaan proses sertifikat. Dimensi empati juga menunjukkan pelayanan yang belum optimal dengan adanya petugas yang tidak ramah. Kata Kunci : Kualitas pelayanan, Pembuatan Sertifikat Hak Milik atas Tanah

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v11i2.15874

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin