KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DESA CIJULANG KECAMATAN CIJULANG KABUPATEN PANGANDARAN

Aang Kusnendar

Sari


Penelitian yang dilakukan mengenai Kinerja Pemerintah Desa dalam Pelayanan Publik di Desa Cijulang Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran ini dilatarbelakangi oleh minimnya inovasi pelayanan, lemahnya respon pemerintah desa dalam menanggapi keluhan masyarakat, dan masih ada ketidaksesuaian kinerja pemerintah desa dengan prosedur pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah 15 orang yang merupakan Perangkat Desa Cijulang, Ketua Badan Permusyawaratan Desa, dan masyarakat yang pernah menerima pelayanan di Desa Cijulang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1) Kinerja pemerintah desa dalam pelayanan publik di Desa Cijulang Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran sudah cukup baik, namun masih terdapat beberapa indikator ukuran kinerja yang belum sepenuhnya sesuai dengan kinerja pemerintah desa dalam pelayanan publik. 2) Hambatan-hambatan yang ditemukan pada Kinerja Pemerintah Desa dalam Pelayanan Publik di Desa Cijulang Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran diantaranya adalah Masih minimnya sumber daya manusia pemerintah desa untuk melakukan inovasi pelayanan, belum lengkapnya sarana dan prasarana penunjang pelayanan publik, masih adanya beberapa aparatur desa yang memiliki karakter  atau individu yang belum disiplin seperti datang terlambat. 3) Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan mengenai Kinerja Pemerintah Desa dalam Pelayanan Publik di Desa Cijulang Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran diantaranya adalah  Meningkatkan sumber daya manusia pemerintah desa baik dengan melakukan pelatihan ataupun pembinaan, melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan oleh pemerintah desa dalam memberikan pelayanan publik, dan meningkatkan kemampuan atau kepekaan terhadap apa yang dibutuhkan masyarakat dalam pelayanan publik.Kata Kunci : Kinerja, Pemerintah Desa, Pelayanan Publik

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Dwiyanto, dkk. 2017. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Fahmi, Irham. 2013. Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Keban, Yeremias T. 2014. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, Teori dan Isu. Yogyakarta: Gava Media.

Komarudin. 2014. Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik. Bandung: Genesindo.

Mukarom, Zaenal, dan Muhibudin Wijaya Laksana. 2015. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Sedarmayanti. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama.

Sinambela, Lijan Poltak. 2008. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sujadi, Firman, dkk. 2014. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pemerintah Desa. Jakarta: Bee Media Pustaka.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v5i3.1659

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin