MANAJEMEN STRATEGIK BIROKRASI DALAM ERA “DISRUPTION”

Wawan Risnawan

Sari


 Era disruption merupakan era babak baru dalam peradaban saat ini, teknologi informasi merupakan alasan terbentuknya era disruption karena akan mengarahkan seluruh sistem kehidupan pada era digitalisasi. Keperadaan sistem sosial yang terjadi saat ini sudah bergerak ke arah milenial yang berbasis teknologi internet dimana setiap indovidu, kelompok maupun organisasi secara bertahap akan terintegrasi dengan kondisi ini. Pemerintah sebagai organisasi yang berada di tengah-tengah masyarakat yang dilayaninya dipastikan akan tergeser dengan era disruption ini dan yang paling merasakan dampaknya adalah organ-organ birokrasi sebagai implementator kebijakan pemerintah. Dengan kondisi ini maka dalam konsep strategi manajemen, birokrasi harus mencoba mereformulasi manajemen strateginya dalam menghadapi era disrupsi ini dimana hal yang sangat perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan strategi manajemennya adalah dimana unsur-unsur birokrasi harus memahami dan mampu menjabarkan visi dan misi organisasi dalam pelaksanaan pekerjaannya sehingga akan berorientasi pada efisiensi dan efektivitas melalui Sumberdaya Manusia yang profesional serta pemimpin yang memiliki jiwa wirausaha atau selalu siap dengan tantangan dan perubahan-perubahan baik dalam internal organisasi maupun eksternal organisasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Frinces, Heflin, 2008, Kepemimpinan Berbasis Kewirausahaan, Yogyakarta: Mida Pustaka

Hariadi, Bambang, 2005, Strategi Manajemen : Strategi Memenangkan Persaingan Bisnis, Malang : Bayumedia Publishing.

Husein, Umar, 2005, Riset pemasaran dan Perilaku Konsumen, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Pandji Santosa, 2008. Administrasi Publik : Teori dan Aplikasi Good Governance. Penerbit PT Refika Aditama : Bandung.

Persadi, 1985, Pembangunan Administrasi di Indonesia, Jakarta,.

Purwanto, Iwan, 2007, Manajemen Strategi, Bandung: CV Yrama Widya

Said, Mas’ud, 2007, Birokrasi di Negara Birokratis, Malang: Universitas Muhamadiyah Malang Press.

Saladin, Djaslim, 2003, Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, Cetakan Ketiga, Bandung : Linda Karya

…………2006, Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat, Bandung : Linda Karya

Sulistiyani, Ambar Teguh dan Rosidah, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia : Konsep, Teori dan Pengembangan Dalam Konteks Organisasi Publik, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sulistiyani, Ambar Teguh dan Yeremias T. Keban, 2004, Memahami Good Governance Dalam Perspektif Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : Gava Media.

Pustaka artikel WEB

http://setkab.go.id/era-disruption-dan-manajemen-strategik-birokrasi/ (13 Desember 2018 ; 10:10)

http://advertising-indonesia.id/2017/10/03/pemahaman-awal-tentang-disruption/2/ (13 Desember 2018 ; 10:23)

https://konsultankti.wordpress.com/2015/05/29/strategi-manajemen-birokrasi-sebuah-pandangan-dan-gagasan-penulis/ (13 Desember 2018 ; 10:26)

https://nasional.sindonews.com/read/1270526/16/tahun-disrupsi-1514924911 (13 Desember 2018 ; 10:51)




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v5i4.1748

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin