PELAKSANAAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI PT PELITA CITRA MANDIRI SELAKU VENDOR PADA PT. PLN (PERSERO) RAYON CIAMIS

DODI SUWONDO

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang berkaitan dengan belum optimalnya pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di PT Pelita Citra Mandiri selaku vendor pada PT PLN (Persero) Rayon Ciamis. Berdasarkan latar belakang penelitian di atas, maka peneliti mencoba mengemukakan rumusan masalah sebagai berikut:  1) Bagaimana Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)  ?; 2) Bagaimana hambatan-hambatan Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ?; 3) Bagaimana upaya-upaya dalam mengatasi hambatan-hambatan Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ? Dalam penelitian ini penulis memakai metode deskriptif dengan cara menggambarkan keadaan objek penelitian. Informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan dengan cara observasi, dan wawancara. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian maka penulis menyimpulkan sebagai berikut : 1) Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)  belum dilaksanakan dengan baik sesuai dengan pendapat menurut Mathis dan Jackson (2009:58) terkait dengan beberapa aspek dalam program keselamatan dan kesehatan kerja .  2) Hambatan-hambatan Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)  seperti  masih kurangnya kesadaran pegawai dalam melakasanakan program keselamatan dan kesehatan kerja sehingga masih adanya pegawai yang tidak menggunakan perlengkapan kerja, keterbatasan anggaran yang dimiliki perusahaan sehingga belum dapat menjamin semua pegawai dalam memperoleh jaminan keselamatan dan kesehatan kerja, masih kurangnya kerjasama yang terjalin antara perusahaan dengan pegawai dalam melaksanakan program K3. 3) Upaya-upaya dalam mengatasi hambatan-hambatan pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di PT Pelita Citra Mandiri selaku vendor pada PT PLN (Persero) Rayon Ciamis  seperti  meningkatkan kesadaran pegawai dalam melaksanakan program keselamatan dan kesehatan kerja sehingga pegawai dapat menggunakan perlengkapan kerja, mengoptimalkan anggaran yang dimiliki perusahaan.   Kata Kunci: Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sumber buku :

Mangkunegara. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Marwansyah. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta.

Moekijat. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Mandar Maju.

Pasolong. 2013. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Salami, I.R.S, dkk. 2015. Kesehatan Dan Keselamatan Lingkungan Kerja. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Sedarmayanti. 2011. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja : Suatu Tinjauan Dari Aspek Ergonomi Atau Kaitan Antara Manusia Dengan Lingkungan Kerjanya. Cetakan Ketiga. Bandung: Mandar Maju.

Suyadi. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia: Kebijakan. Kinerja Karyawan. Edisi 1. Cetakan Kedelapan. Yogyakarta: BPFE.

Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Sumber undang-undang:

Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor PER.05/MEN/1996 tentang sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja.

Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor PER.08/MEN/VII/2010 tentang Alat Pelindung Diri.

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan setiap pekerja/buruh mempunyai hak untuk memperoleh perlindungan atas :keselamatan dan kesehatan kerja.

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dinyatakan bahwa upaya kesehatan dan keselamatan kerja (K3).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v6i1.1993

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin