KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KTP ELEKTRONIK OLEH BIDANG PELAYANAN PENDAFTARAN PENDUDUK DI KANTOR KECAMATAN SINDANGKASIH KABUPATEN CIAMIS
Fuji Tiaji
Sari
ABSTRAKBerdasarkan hasil observasi awal, dapat diketahui bahwa pembuatan KTP Elektronik diKantor Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis masih sering mengalami keterlambatanpenyelesaian permintaan masyarakat dan masih sering terjadi kesalahan-kesalahan dalampembuatan KTP Elektronik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitaspelayanan, hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi, dan upaya-upaya apa saja yang dilakukanoleh Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk dalam memberikan pelayanan penerbitan KTPElektronik di Kantor Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis.Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitianini sebanyak 13 (tigabelas) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studikepustakaan dan studi lapangan (observasi dan wawancara). Teknik pengolahan/analisis datadalam penelitian ini yaitu: reduksi data, penyajian data, triangulasi dan menarikkesimpulan/verification.Berdasarkan hasil penelitian Kualitas Pelayanan Pembuatan KTP Elektronik Oleh BidangPelayanan Pendaftaran Penduduk Di Kantor Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis;kualitas Pelayanan Pembuatan KTP Elektronik di kantor Kecamatan Sindangkasih dapatdikatakan belum cukup baik terlihat bahwa dalam pelaksanaan Pelayanan Pembuatan KTPElektronik tersebut masih terdapat kesalahan-kesalahan yang terjadi dan masih banyak keluhankeluhanyang dilontarkan oleh masyarakat selaku pemohon pembuatan KTP Elektronik.Hambatan-hambatan yang terjadi dalam proses pelayanan pembuatan KTP Elektronik tersebutdiantaranya berkaitan dengan sumber daya; sumber daya manusia, sumber dana, fasilitas dansarana prasarana yang ada di Kantor Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Adapun upayaupayayang dilakukan adalah dengan melakukan pengajuan penambahan pegawai, berikutmengoptimalkan penggunaan dana maupaun sarana-prasarana yang telah ada.Kata Kunci:Kualitas, Pelayanan Kualitas Pelayanan.
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Harbain, Pasolong. 2007. Teori Administrasi
Publik. Bandung: Alfabeta
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik,
Yogyakarta:Gava Media
Ridwan, Juniarso. 2009. Hukum Administrasi
Negara dan Kebijakan Pelayanan Publik.
Bandung: Nuansa
Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep
Prlayanan Publik Serta Implementasinya,
Jakarta: Mandar Maju
Tjiptono, Fandy. 1995. Total Quality
Management, Yogyakarta: Andi Offset
Sinambela, Lijan Poltak. 2010. Reformasi
Pelayanan Publik, Jakarta: PT. Bumi
Aksara
DOI:
http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v6i2.2281
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
DINAMIKA
Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Galuh
email: dinamika@unigal.ac.id
ISSN: 2356-2269
eISSN: 2614-2945
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0
Created by Admin