KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KTP ELEKTRONIK OLEH BIDANG PELAYANAN PENDAFTARAN PENDUDUK DI KANTOR KECAMATAN SINDANGKASIH KABUPATEN CIAMIS

Fuji Tiaji

Sari


ABSTRAKBerdasarkan hasil observasi awal, dapat diketahui bahwa pembuatan KTP Elektronik diKantor Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis masih sering mengalami keterlambatanpenyelesaian permintaan masyarakat dan masih sering terjadi kesalahan-kesalahan dalampembuatan KTP Elektronik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitaspelayanan, hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi, dan upaya-upaya apa saja yang dilakukanoleh Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk dalam memberikan pelayanan penerbitan KTPElektronik di Kantor Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis.Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitianini sebanyak 13 (tigabelas) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studikepustakaan dan studi lapangan (observasi dan wawancara). Teknik pengolahan/analisis datadalam penelitian ini yaitu: reduksi data, penyajian data, triangulasi dan menarikkesimpulan/verification.Berdasarkan hasil penelitian Kualitas Pelayanan Pembuatan KTP Elektronik Oleh BidangPelayanan Pendaftaran Penduduk Di Kantor Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis;kualitas Pelayanan Pembuatan KTP Elektronik di kantor Kecamatan Sindangkasih dapatdikatakan belum cukup baik terlihat bahwa dalam pelaksanaan Pelayanan Pembuatan KTPElektronik tersebut masih terdapat kesalahan-kesalahan yang terjadi dan masih banyak keluhankeluhanyang dilontarkan oleh masyarakat selaku pemohon pembuatan KTP Elektronik.Hambatan-hambatan yang terjadi dalam proses pelayanan pembuatan KTP Elektronik tersebutdiantaranya berkaitan dengan sumber daya; sumber daya manusia, sumber dana, fasilitas dansarana prasarana yang ada di Kantor Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Adapun upayaupayayang dilakukan adalah dengan melakukan pengajuan penambahan pegawai, berikutmengoptimalkan penggunaan dana maupaun sarana-prasarana yang telah ada.Kata Kunci:Kualitas, Pelayanan Kualitas Pelayanan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Harbain, Pasolong. 2007. Teori Administrasi

Publik. Bandung: Alfabeta

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik,

Yogyakarta:Gava Media

Ridwan, Juniarso. 2009. Hukum Administrasi

Negara dan Kebijakan Pelayanan Publik.

Bandung: Nuansa

Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep

Prlayanan Publik Serta Implementasinya,

Jakarta: Mandar Maju

Tjiptono, Fandy. 1995. Total Quality

Management, Yogyakarta: Andi Offset

Sinambela, Lijan Poltak. 2010. Reformasi

Pelayanan Publik, Jakarta: PT. Bumi

Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v6i2.2281

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin