KUALITAS PELAYANAN RSUD CIAMIS (STUDI PADA PASIEN RAWAT INAP PENGGUNA BPJS)

Mita Apriani

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi adanya sikap diskriminatif atau membeda-bedakan dari petugas, sarana pelayanan di RSUD Ciamis masih kurang, jaminan ketepatan waktu dalam pelayanan tidak sesuai. Dalam penyusunan penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Narasumber atau informan yang dipilih untuk menjadi sumber data primer sebanyak 6 (enam) orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data (data display) dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Kualitas Pelayanan RSUD Ciamis (Studi Pada Pasien Rawat Inap Pengguna BPJS) secara umum belum sepenuhnya optimal. Hambatan-hambatan yang dihadapi berupa karakter petugas yang berbeda-beda, anggaran yang tidak mencukupi untuk memenuhi semua kebutuhan pelayanan, adanya kerusakan fasilitas yang membutuhkan waktu perbaikan, terlalu banyaknya pasien atau masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan. Upaya-upaya dalam mengatasi hambatan-hambatan yaitu petugas diberi arahan supaya dapat melayani masyarakat dengan baik, mengadakan rapat koordinasi mengenai sarana prasarana yang kurang dan meminjam fasilitas alat medis ke ruangan lain yang tidak dipakai apabila alat diruangan tersebut rusak, menambah layanan-layanan baru dan menambah sumber daya manusia serta menambah fasilitas agar dapat melayani masyarakat dengan baik sesuai tepat waktu.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brata Adya, Atep. 2008. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Djadjuli, D. (2019). TOTAL QUALITY SERVICE. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(4), 71-78.

Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Dua. Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi Tiga. Jakarta: Salemba Empat.

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukarom, Zenal dan Muhibudin Wijaya Laksana. 2015. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung : CV Pustaka Setia.

Nawawi, Hadari. 2001. Metode Penelitian Bidang Sosial. Gdjah Mada University Press, Yogyakarta.

Parasuraman, A. Valerie. 2001. (Diterjemahkan oleh Sutanto) Delivering Quality Service. The Free Press, New York.

Pasolong, Harbani. 2011. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Supranto. J. 2007. Metode Riset. Jakarta: Rineka Cipta.

Surakhmad, Winarno. 2004. Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar Metode dan Teknik. Bandung: Tarsito.

Tjiptono, F., Chandra dan Gregorius. 2005. Service, Quality, and Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Sumber Lainnya

Abidin. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Cempae Kota Parepare”. Jurnal MKMI 12. 71.

Rizal, dkk. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan sebagai Mediasi terhadap Loyalitas Pasien”. Jurnal Sains Farmasi & Klinis 3. 108-109.

Siswati, Sri. 2015. “Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Di Unit Rawat Inap RSUD Kota Makassar”. Jurnal MKMI. 175.

Widowati, Nina dkk. 2014. “Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan di RSUD Kabupaten Karanganyer (Studi Kasus Pasien Rawat Inap)”. Jurnal Administrasi Publik. 3. 2-3




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v6i3.2812

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin