PENINGKATAN PELAYANAN PEMERINTAHAN DESA BERBASIS SMART VILLAGE

Irfan Nursetiawan

Sari


Era industri 4.0 dan civil society 5.0 telah mengubah paradigma masyarakat, khususnya masyarakat perdesaan yang tidak hanya menginginkan inovasi dalam pembangunan perdesaan berkelanjutan, tetapi dalam bentuk pelayanan administrasi maupun non-administrasi yang dilakukan oleh Pemerintahan Desa menginginkan pelayanan yang prima. Paradigma masyarakat yang ingin serba tepat waktu dan pemenuhan kebutuhan pelayanan yang baik merupakan keinginan, serta harapan dari masyarakat. Sehingga diperlukan langkah solutif dari Pemerintahan Desa, salah sataunya penerapan konsep smart village yang berdasarkan pada Total Quality Service (TQS) dan tetap terfokus pada kepuasan pelayanan bagi pelanggan (masyrakat desa). Metode yang digunakan, yakni menggunakan metode penelitian kualitatif dengan lokus penelitian di beberapa desa yang berada di wilayah Kabupaten Ciamis. Penerpanan konsep smart village telah dilakukan di beberapa desa di wilayah Kabupaten Ciamis yang berorientasi pada penyampaian informasi desa dan membantu dalam pelayanan terhadap masyarakat. Hasil yang dicapai cukup baik, namun memerlukan perbaikan dalam sistem informasi manajemen yang diterapkan. Kata Kunci: Smart Village, Total Quality Service, Sistem Informasi Manajemen.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, M. Z (2018). Pengelolaan Anggaran Pembangunan Desa Di Desa Bungin Tinggi, Kecamatan Sirah Pulau Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Jurnal Thengkyang, http://jurnaltengkiang. ac. id/jurnal/index. php/JurnalTengkhiang/issue/view/1/Halaman, 20(20), 1-21.

Awani, M.F. (2004) Sistem Informasi Manajemen. Tersedia (Online): https//researchgate.net [10 April 2020].

Aziz, S. (2012). Total Quality Service (TQS) sebuah alternatif peningkatan kualitas layanan perpustakaan perguruan tinggi. AL-MAKTABAH, 11(1).

Cerdas, D. (2018). Model Smart Village Berbasis Teknologi Informasi. Kata Pengantar, 1(1), 1.

Hartono, D. U., & Mulyanto, E. (2010). Electronic Government Pemberdayaan Pemerintahan dan Potensi Desa Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi, 6(1), 9-21.

Herdiana, Dian (2019).

Pengembangan Konsep Smart Village bagi Desa-Desa di Indonesia Developing the Smart Village Concept for Indonesian Villages. IPTEK-KOM.21.(1).

Hermayanti, E. S., & Yuwono, T. (2020). Implementasi Green Smart Village di Dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan Desa (Desa Banyuanyar Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali). Journal of Politic and Government Studies, 9(02), 121-130.

Hidayatulloh, S., & Mulyadi, C. (2015). Sistem pelayanan administrasi kependudukan desa candigatak berbasis web. IT CIDA, 1(1).

Holle, E. S. (2011). Pelayanan Publik Melalui Electronic Government; Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatkan Public Service. Jurnal Sasi, 17(3).

Nugraha, H. A., & Astuti, Y. W. (2013). Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (Simda Keuangan) Dalam Pengolahan Data Keuangan Pada Organisasi Pemerintah Daerah (Studi Kasus Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk). Jurnal Akuntansi Aktual, 2(1), 25-33.

Srinadi, N. L. P., & Puspita, N. N. H. (2018). Analisis Kebutuhan Fungsional Sistem Administrasi Sebagai Pendukung Implementasi Smart Village.SENTIKA.9-14.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwarno, J. (2012). Kualitas Pelayanan Pemerintahan Desa (Studi Pelayanan Ktp Dan Kk Di Desa Teluk Kepayang Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu). Jurnal Ilmu Politik & Pemerintahan Lokal, 1(2).

Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v7i1.3420

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin