IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA BERENCANA (KB) DALAM UPAYA MENEKAN PERTUMBUHAN PENDUDUK DI KELURAHAN SUMUR BATU KECAMATAN BANTAR GEBANG KOTA BEKASI

Widya Febriyani Tifannii, Mayasari Mayasari, Maulana Rifai

Sari


Keluarga Berencana (KB) merupakan program skala nasional untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk di suatu Negara. Program KB juga secara khusus dirancang demi menciptakan kemajuan, kestabilan, dan kesejahteraan ekonomi, sosial, spiritual setiap penduduknya. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih dalam mengenai bagaimana Impelentasi Program Keluarga Berencana (KB) di Kelurahan Sumur Batu Kecamatan Bantar Gebang. Tingginya jumlah penduduk dan Pasangan Usia Subur (PUS) di Kelurahan Sumur Batu merupakan permasalahan utama yang sedang dihadapi saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori George Edward III, yaitu: Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi dan Struktur Birokrasi. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti dilapangan di temukan bahwa Implementasi Program Keluarga Berencana (KB) di Kelurahan Sumur Batu Kecamatan Bantar Gebang belum sepenuhnya berjalan baik dan efektif. Seperti masih banyaknya masyarakat yang menolak menggunakan alat kontrasepsi dengan alasan haram atau bertentangan dengan agama (Islam), rendahnya tingkat pendidikan yang mempengaruhi kurangnya partisipasi masyarakat dilapangan serta kurangnya peningkatan sumber daya, mulai dari kurangnya jumlah Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), kurangnya sarana dan prasarana kerja PLKB.Kata Kunci: Implementasi, Keluarga Berencana, Pertumbuhan Penduduk.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Buku:

Agustino, Leo. 2008. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung; CV. Alfabeta.

Budi Winarno, Kebijakan Publik: Teori dan Proses Edisi Revisi, Media Presindo. Yogyakarta. 2007

DRS. AG. SUBARSONO, M. SI., MA. 2015. Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori & Aplikasi. Pustaka Pelajar.

Edwards III, George C. (1980), Implementing Public Policy, Congressional Quartely Press, Washington.

Mazmanian, Daniel A. dan Sabatier , Paul A. (1983), Implementation and public policy, scott, foresman and company, new jersey, chapter 1-2.

Nugroho D, Riant. 2004. Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta:Gramedia

Jurnal:

Dini Indriani. 2019. Optimalisasi Kerja Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana Dalam Pelaksanaan Program Keluarga Berencana di Desa Sirnabaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis. Dinamika: Jurnal Ilmiah Adminitrasi Negara. Vol4, No1.

Peraturan Perundang-undangan:

Rencana Strategis (RENSTRA) Tahun 2018-2023 Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bekasi.

Laporan Akuntabilitas Kinerja Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga BerencanaTahun Anggaran 2019.

Undang-Undang No.52 Tahun 2009 Pasal (1) Tentang Perkembangan kependudukan dan Pembangunan Keluarga Sejahtera




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v7i3.4348

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin