EVALUASI KEBIJAKAN REVITALISASI PASAR DAERAH TERTINGGAL KABUPATEN BUTON SELATAN

Zainul Abidin, La Ode Dwiyan Darmono

Sari


Penelitian ini didasarkan pada permasalahan hasil revitalisasi atau pembangunan pasar yang tidak digunakan. Penelitian ini bertujuan melakukan evaluasi kebijakan khususnya pada dimensi efektivitas, responsivitas dan ketepatan Kebijakan Revitalisasi Pasar Rakyat Daerah Tertinggal Kabupaten Buton Selatan, yang berada di Kecamatan Sampolawa. Penelitian ini berusaha bereksplorasi dan memahami lebih detail tentang dimensi evaluasi kebijakan tersebut oleh karenanya penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasilnya menunjukkan revitalisasi atau pembangunan pasar rakyat Sampolawa tidak mencapai efektivitas karena belum mencapai apa yang dikehendaki kebijakan. Awalnya respon yang muncul sangat positif karena merupakan kebutuhan pedagang dan masyarakat. Namun, berubah setelah penentuan lokasi, pelaksanaan pembangunan hingga pemindahan awal pedagang. Tujuan dan sasaran kebijakan ini sebenarnya sudah tepat selain sesuai dengan kebutuhan pedagang dan masyarakat, sesuai dengan visi kepala daerah dan renstra dinas perindag serta program prioritas nasional. Namun, bermasalah dalam penetapan lokasi, pembangunan yang tidak lengkap dan penyelesaiannya yang lambat. Kebijakan ini tidak efektif, tidak responsif dan tidak tepat.Kata Kunci : Evaluasi Kebijakan, Efektivitas, Responsivitas, Ketepatan, Revitalisasi Pasar Daerah Tertinggal

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustinova, D. E. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Calpulis.

Anshori, W. A. W., & Santoso, R. S. (2017). Evaluasi Kebijakan Penataan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern di Kabupaten Blora. Indonesian Journal of Public Policy and Management Review, 6, 288–299.

Creswell, W. J. (2013). Research Design Qualitative & Quantitative Approach. Sage.

Dinas Ukm, Koperasi, P. dan P. K. B. S. (2016). Rencana Strategis Dinas Ukm, Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan tahun 2016 – 2021.

Dinas UKM, Koperasi, P. dan P. K. B. S. (2016). Dokumen Pelaksanaan Kerja Pembangunan Pasar Rakyat Sampolawa Kabupaten Buton Selatan.

Engkus. (2020). Implementasi Kebijakan Revitalisasi Pasar Tradisional Sarijadi Kota Bandung. JURNAL GOVERNANSI, 6(1).

Febrianti, N. W. (2018). Evaluasi Kebijakan Revitalisasi Pasar Induk Bantul. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Intan Agustina et al. (2014). Evaluasi Kebijakan Pengaturan Pasar Tradisional Pasar Bulu Kota Semarang. Jurnal Review Kebijakan Publik Dan Manajemen, Universitas Diponegoro.

Kementerian Perdagangan RI. (2015). Laporan Akhir Analisis Arah Pengembangan Pasar Rakyat.

N. Dunn William. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Edisi Kedua. Gadjah Mada University Press.

Pemerintah Kabupaten Buton Selatan. (2016a). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Buton Selatan tahun 2016-202.

Pemerintah Kabupaten Buton Selatan. (2016b). Surat Keputusan Bupati No. 75 Tahun 2016 Tentang Revitalisasi Pasar DaerahTertinggal Kabupaten Buton Selatan.

Poti, J. (2020). Evaluasi Kebijakan Revitalisasi Pasar Tradisional : Studi Pasar Akau Potong Lembu Kota Tanjungpinang. Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik. 6.

Quinn Patton, M. (2009). Metode Evaluasi Kualitatif Edisi Terjemahan. Pustaka Pelajar.

Ramadhan Gilang et al. (2013). Evaluasi Kebijakan Pembangunan Pasar Tani Di Kabupaten Bintan : Studi Pasar Tani, Kecamatan Toapaya Kabupaten Bintan. Universitas Maritim Raja Ali Haj.

Rudi. (2019). Gedung Pasar Sampolawa Senilai Rp 7 Miliar Belum Difungsikan. http://www.butonpos.com

Suharto E. (2012). Analisis Kebijakan Publik. Alfabeta.

Sutrazaf, S. (2016). Evaluasi Pembangunan Pasar Todoha Mapacing Sebagai Pasar Indukdi Kabupaten Bombana. Universitas Haluoleo.

Winarno, B. (2012). Kebijakan Publik: Teori, Proses, dan Studi Kasus. Center of Academic Publishing Service.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v8i2.4883

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin