URGENSI PENERAPAN SMART GOVERNANCE DALAM PRESPEKTIF PELAYANAN PUBLIK DI DESA PANGANDARAN

Irfan Nursetiawan, Rifki Agung Kusuma Putra

Sari


Desa pada hakikatnya tidak terlepas dari memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik berupa pelayanan administrasi dan non-administrasi. Desa Pangandaran sebagai salah satu desa yang berinisiasi dalam memberikan pelayanan secara digital telah bertransformasi menjadi desa dengan program unggulan, yakni smart governance. Hal tersebut dikarenakan terdapat masalah yang muncul, yaitu berkaitan dengan aksesibilitas, perekonomian dan kesejahteraan masyarakat yang memerlukan peningkatan, serta perbaikan. Namun, dalam praktiknya belum ada satu kesepahaman mengenai dimensi dari smart governance, sehingga menimbulkan interpretasi yang berbeda-beda dari setiap elemen Pemerintah Desa dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan smart governance di Desa Pangandaran dapat mendorong peningkatan aktivitas dan produktivitas ekonomi masyarakat, perbaikan pelayanan dan tata kelola Pemerintahan Desa, keterbukaan sumber informasi, serta peningkatan ekonomi masyarakat Desa Pangandaran. Walaupun demikian, implementasi smart governance harus diiringi dengan kebijakan yang relevan dan adaptif dalam penggunaan atau pemanfaatan teknologi informasi sebagai bentuk validitas produk yang dapat meningkatkan pelayanan bagi masyarakat perdesaan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditama, R. (2018) "Penerapan Konsep Smart Governance Pada Smart Village."Tersedia [Online]: https://kumparan.com/royan-aditama/penerapan-konsep-smart-governance-pada-smart-village-1522820469658. Diakses pada 07 Maret 2020.

Andhika, Lesmana Rian (2018). "Meningkatkan Kepercayaan Publik Terhadap Pemerintah Melalui Redesain Proses Kebijakan."Jurnal Ilmu Pemerintahan: Kajian Ilmu Pemerintahan dan Politik Daerah3, no. 1: 24-42.

Annisah, A. (2018). Usulan Perencanaan Smart City: Smart Governance Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko. Masyarakat Telematika Dan Informasi: Jurnal Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi, 8(1), 59-80.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. jurnal teknologi pendidikan, 10(1), 46-62.

Endah, K., Nursetiawan, I., & Vestikowati, E. (2017, November). Influence of Management Information System on Health Care in Puskesmas Cigeureung Tasikmalaya Town. In International Conference on Democracy, Accountability and Governance (ICODAG 2017) (pp. 156-160). Atlantis Press.

Hius, J. J. (2013). Smart Governance sebagai Unsur Penting Implementasi Smart City dari Policy Maker.

Ibrahim, H. A. (2019). Teori dan Konsep Pelayanan Publik serta Implementasinya.

Kogoya, D. (2015). Dampak penggunaan handphone pada Masyarakat Studi pada Masyarakat desa Piungun Kecamatan Gamelia Kabupaten Lanny Jaya Papua. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(4).

Kwan, P., Hardiyanto, W. T., & Setyawan, D. (2015). Upaya Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan pada Masyarakat. Jisip: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(2).

Nazli, R. (2019). Pemodelan Aplikasi Mobile Pelayanan Publik Desa (Smart Village) Berbasis Cloud Computing. Jurnal Teknologi dan Open Source, 2(2), 87-95.

Safitry, N., Purnomo, E. P., & Salsabila, L. (2020). GO-JEK Sebagai Dimensi Smart Mobility Dalam Konsep Smart City. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 157-170.

Samodra, J., Pahlevi, A. S., & Hermanto, Y. A. L. (2019). Pasar Desa Digital Berbasis Web Sebagai Media Promosi Bagi UMKM. Jurnal KARINOV, 2(3), 177-180.

Silahuddin, M. (2015). Kewenangan Desa dan Regulasi Desa. Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Subiakto, H., & FISIP, U. (2013). Internet untuk pedesaan dan pemanfaatannya bagi masyarakat (The usage of internet for the village and villagers). Masyarakat, kebudayaan dan Politik, 26(4), 243-56.

Shepherd, D. A., & Suddaby, R. (2017). Theory Building: a Review and Integration. Journal of Management, 43(1), 59-86.

Suwarno, J. (2012). Kualitas Pelayanan Pemerintahan Desa (Studi Pelayanan KTP dan KK Di Desa Teluk Kepayang Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu). Jurnal Ilmu Politik & Pemerintahan Lokal, 1(2).

Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v8i1.5098

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin