STRATEGI PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA DI DESA WALAHAR KECAMATAN KLARI KABUPATEN KARAWANG

Dhea Ajeng Novita, Hanny Purnamasari, Gun Gun Gumilar

Sari


Badan Usaha Milik Desa Walahar ini salah satu BUMDes yang menjadi  BUMDes percontohan yang ada di Karawang karena pernah mendapatkan penghargaan sebagai BUMDes terbaik di Kabupaten Karawang. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi pengelolaan pada BUMDes di Desa Walahar Kecamatan Klari kabupaten Karawang. Metode penelitian yang digunakan disini  adalah metode deskriptif dengan pedekatan kualitatif. Dalam teknik pengambilan data, penelitian ini melakukan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara dari berbagai narasumber, contohnya Sekretaris Desa Walahar, Ketua Pengurus BUMDes Walahar, dan masyarakat Desa Walahar. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh BUMDes Walahar sudah cukup baik sehingga Badan Usaha Milik Desa Walahar mendapatkan penghargaan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sofiani, Venita. 2016. Pemberdayaan Ekonomi Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Karangjaya Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi. Jurnal Sumber Daya Perdesaan. IV: 24-25.

Nirwati. 2019. Pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa di Kecamatan Oheo Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik. 10: 2.

Efendi, Syahrul. 2019. Strategi Pengembangan Usaha Milik Desa Oleh Pemerintah Desa Rajadesa Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara 6 (4).

Pradini, Regia Nadila. 2020. Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Desa Kedungturi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pemerintahan dan Keamanan Publik (JP dan KP) 2 (1): 57-67

Salusu J. 2005. Pengambilan Keputusan Stratejik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Jakarta. Grasindo.

Sugiyono. 2018. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v8i2.5177

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin