KONTRIBUSI TEORI KEBIJAKAN PUBLIK TERHADAP STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Tatang Sudrajat, Muhibbin Syah, Mohammad Erihadiana

Sari


Permasalahan pendidikan, termasuk manajemen Pendidikan Islam mengharuskan tindakan nyata pemerintah sebagai wujud kebijakan publik. Program, tindakan atau kebijakan publik di bidang Pendidikan Islam yang dilakukan pemerintah merupakan salah satu area substantif studi kebijakan publik. Hal ini juga merupakan bagian dari kajian studi Manajemen Pendidikan Islam. Dengan metode kepustakaan dan yuridis normatif, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontibusi teori kebijakan publik terhadap studi manajemen Pendidikan Islam. Berbagai teori yang dikemukakan ahli kebijakan publik tentang berbagai aspek teori kebijakan public, termasuk analisis kebijakan publik sangat berkontribusi terhadap pengembangan studi  Manajemen Pendidikan Islam. Studi Manajemen Pendidikan Islam sebagai bagian dari ilmu Pendidikan Islam dapat memanfaatkan teori dan analisis kebijakan publik untuk menjelaskan berbagai feomena dan permasalahan Pendidikaan Islam.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anderson, James E. 1978. Public Policy Making. Second Edition. New York : Holt, Rinehart and Winston.

Bromley, Daniel W. 1989. Economic Interest and Institution. The Conceptual Foundation of Public Policy. New York : Basil Blackwell Inc.

Dunn, William N. 1981. Public Policy Analysis: An Introduction. Prentice Hall Inc.Englewood Cliffts.

Dunn, William N. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Edisi Kedua. (Penerjemah : Samodra Wibawa dkk). Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Dye, Thomas R. 1987. Understanding Public Policy. Sixth Edition. New Jersey : Prentice Hall-Inc.

Engkoswara. 1987. Dasar-dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta: P2-LPTK Depdikbud.

Gerston, Larry N. 2010. Public Policy Making. Process and Principles. Third Edition. New York: E Sharpe.

Hasbiyallah dan Nayif Suyudi. 2019. Pengelolaan Pendidikan Islam. Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Hill, Michael. 1997. The Policy Process in The Modern State. Third Edition. London : Prentice Hall Harvester Wheatsheaf.

Howlett, Michael dan M. Ramesh. 1995. Studying Public Policy : Policy Cycles and Policy Subsystems. Toronto : Oxford University Press.

Hughes, Owen S. 1994. Public Management & Administration. An Introduction. New York: St. Martin Press.

Imron, A. 1993. Kebijaksanaan Pendidikan di Indonesia, Proses, Produk dan Masa Depannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Keban, Yeremias T. 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik. Konsep, Teori dan Isu. Yogyakarta : Gaya Media.

MacRae Jr. D. dan Wilde James. 1989. Policy Analysis for Public Decisions. New York: University Press of America.

Nizar, H.Samsul dan Muhammad Syaifudin. 2020. Isu-Isu Kontemporer Tentang Pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia.

Lane Jan-Erik. 1993. The Public Sector. Concepts, Models and Approaches. London: Sage Publications Ltd.

Michael, Ewen J. 2006. Public Policy. The Competitive Framework. Victoria: Oxford University Press.

Parson. Wayne. 1995. Public Policy. An Introduction to The Theory and Practice of Policy Analysis. Cheltenham : Edward Elgar.

Patton, Carl V. dan David S. Sawicki. 1986. Basic Methods of Policy Analysis ang Planning. London : Prentice-Hall, Englewood Cliffs, N.J.07632.

Pfiffner John M. dan Robert Presthus. 1960. Public Administration. Fourth Edition. New York : The Ronald Press Company

Post, James E dkk. 1999. Business and Society. Corporate Strategy, Public Policy, Ethics. Boston, Irwin McGraw-Hill.

Purwanto N. 2001. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ranson S. dan John Stewart. 1994. Management for The Public Domain. Enabling the Learning Society. New York: St. Martins Press.

Rosenbloom, David H. dkk. 1994. Contemporary Public Administration. New York : McGraw-Hill. Inc.

Rosenbloom, David H. dkk. 2015. Public Administration. Understanding Management, Politics, and Law in the Public Sector. Eighth Edition. New York : McGraw-Hill International Edition.

Sergiovanni, T. J. et al. 1987. Educational Governance And Administration. Second Edition. Ner Jersey : Prentice-Hall, Inc. Englewood Cliffs.

Stokey, Edith dan Richard Zeckhauser. 1978. A Primer for Policy Analysis. New York : W-W Norton & Company.

Sutisna, O. 1991. Profesionalisasi Tenaga Kependidikan. Bandung: Depdikbud IKIP Bandung.

Tilaar, HAR. 2000. Pendidikan, Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia. Strategi Reformasi Pendidikan Nasional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

PP Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi

Permenpan dan RB Nomor 17 Tahun 2013

Permenpanpan dan RB Nomor 46 Tahun 2013

Peraturan Bersama Mendikbud dan Kepala BKN Nomor 4/VIII/PB/2014, Nomor 24 Tahun 2014

Permendikbud Nomor 92 Tahun 2014

Pedoman Juknis Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit Jabatan Dosen Tahun 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v8i1.5178

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin