DATA DAN SISTEM INFORMASI DESA DALAM ERA KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DI KABUPATEN CIAMIS

Irfan Nursetiawan, Rifki Agung Kusuma Putra

Sari


Data dan informasi merupakan bagian yang paling penting dalam penentuan sebuah kebijakan, khususnya di pemerintahan tingkat desa. Tetapi hal tersebut sering diabaikan, bahkan dianggap kurang penting. Pesatnya perkembangan teknologi informasi tidak mampu dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa, salah satunya dalam mengkonstruksi Sistem Informasi Desa (SID). Pada tahun 2021, hanya 21 (dua puluh satu) desa yang telah mempunyai SID dengan domain legal desa.id dari 258 desa di Kabupaten Ciamis. Artinya hanya 8,1% Pemerintah Desa yang telah melaksanakan keterbukaan informasi dan aksesibilitas informasi kepada masyarakatnya secara digital. Hal ini menunjukkan urgensi dalam hal data yang belum sepenuhnya transparan. Metode yang digunakan penelitian kualitatif dengan tekni triangulasi data, dokumentasi dan catatan lapangan. Adapun hasil dari penelitian ini, yakni: (1) tingkat transparansi berkaitan dengan data dan informasi masih tergolong cukup rendah; (2) aksesibilitas teknologi informasi masih cukup kurang dan memerlukan perbaikan; (3) kualitas sumber daya pengelola data dan informasi masih cukup kurang rendah; dan (4) diperlukan perbaikan dari mulai segi aksesibilitas teknologi informasi, Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengolahan data. Data yang baik tentunya dapat merefleksikan informasi yang bermanfaat bagi para pengguna (masyarakat desa).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriyansyah, A., Maullidina, I., & Purnomo, E. P. (2018). Efektivitas Sistem Informasi Desa (SID) Dalam Pelayanan Publik Di Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 10-24.

Danim, Sudarwan. 2012. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok, Edisi. 2. Jakarta: PT Rineka Cipta Utama.

Fauziah, Y. (2015, July). Arsitektur cloud computing pada sistem informasi desa sebagai layanan akses informasi desa. In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) (Vol. 1, No. 1).

Fitri, R., & Nugroho, A. S. B. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Desa Untuk Menuju Tata Kelola Desa Yang Baik (Good Governance) Berbasis Tik. Jurnal Positif, 3(2), 99-105.

Hadari Nawawi.2005.Penelitian Terapan.Yogyakarta: Gajah Mada University. Press.

Idris, A. (2017). Bingkai Reformasi Birokrasi Indonesia. Jurnal Paradigma (Jp), 2(3), 352-357.

Islah, K. (2018). Peluang Dan Tantangan Pemanfaatan Teknologi Big Data Untuk Mengintegrasikan Pelayanan Publik Pemerintah. Jurnal Reformasi Administrasi: Jurnal Ilmiah untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, 5(2), 130-138.

Maani, K. D. (2009). Transparansi dan Akuntabilitas dalam Pelayananan Publik. Jurnal Demokrasi, 8(1).

Muslih, M. T., & Purnama, B. E. (2013). Pengembangan Aplikasi Sms Gateway Untuk Informasi Pendaftaran Peserta Didik Baru Di SMAN 1 Jepara. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 2(1).

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nursetiawan, I. (2020). Peningkatan pelayanan pemerintahan desa berbasis smart village. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(1), 112-120.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Selfia, M. S., Afifuddin, A., & Sekarsari, R. W. (2020). INOVASI KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN BOJONEGORO OPEN GOVERNMENT PARTNERSHIP (OGP) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PEMBANGUNAN INFRASTUKTUR DESA (Studi pada Desa Pejambon Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro). Respon Publik, 14(5), 14-25.

Sunni, I., & Widyantoro, D. H. (2012). Analisis sentimen dan ekstraksi topik penentu sentimen pada opini terhadap tokoh publik. Jurnal Sarjana ITB bidang Teknik Elektro dan Informatika, 1(2).

Shomad, A. (2018). Implementasi Sistem Informasi Desa Di Kabupaten Bekasi. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik, 8(2), 62-80.

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

UNPOG. Kurikulum Tata Kelola Untuk Tujuan yang Berkelanjutan. Tersedia: (Online) https://publicadministration.un.org/en/. Diunduh: 04 Oktober 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v8i3.6595

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin