INOVASI PELAYANAN SEKTOR PUBLIK DI MASA PANDEMI PADA BALAI DIKLAT KEAGAMAAN BANDUNG

Alfat Sahrajaz Chafshof, Engkus Engkus, Husen Saeful Anwar

Sari


Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji bagaimana kualitas inovasi pelayanan E-Learning PJJ dimasa pandemi di Balai Diklat Keagamaan Bandung. Metode penelitian mengaplikasikan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Dengan Teknik pengmpulan data melalui observsi, wawancara mendalam kepada narasumber di Balai Diklat Keagamaan Bandung, dan juga studi literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa Inovasi yang dilakukan di Balai Diklat Keagamaan Bandung tergolong kepada inovasi pengembangan jasa/produk yang sudah ada sebelumnya, yang bekerjasama dengan Lembaga administrasi negara (LAN)). Dimana dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala pada teknis, sehingga masih kurang optimal. Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan, E-Learning PJJ

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ardiansyah, N. (2013). Macromedia Flash 8. Sekadu. Pontianak: STKIP PGRI.

Ancok, Djamaludin. (2012). Psikologi Kepemimpinan & Inovasi. Jakarta. Erlangga.

Balai Diklat Kegamaan Bandung. (2020, Juni 24). Retrieved from bdkbandung.kemenag.go.id: https://bdkbandung.kemenag.go.id/berita/inovasi-diklat-di-masa-pandemi

Dhiya, S. & Rosalina, W. (2020). Evaluasi Inovasi Sistem Pelayanan Publik Provinsi Yogyakarta Untuk Menghadapi Masa New Normal. 14 (2), 1-10

Engkus, E. (1), Nanang Suparman (2), Sulistia (3).(2019).Peranan Pembinaan Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil Jawa Barat Dalam Memajukan Perkoperasian Di Daerah Koperasi sebagai sokoguru dan Masalah Lemahnya kesadaran Lemahnya partisipasi Lemahnya kedisiplinan Lemahnya Jiwa Kewirausahaan lemahnya keterampilan . Perpustakaan UIN SGD Bandung. 2019/12/18.

Engkus,E. (1) Deding, Ishak (2), Dedeng (3).(2017). KONSEP KINERJA DALAM STUDI ORGANISASI PUBLIK. JISPO Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Perpustakaan UIN SGD Bandung. 2017/12/18.

Guritno, T. (2021, 05 11). Kompas Nasional. Retrieved from Kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2021/05/11/18061551/update-11-mei-total-kasus-covid-19-di-indonesia-1723596-tambah-5021

Muluk, Khairul. (2008). Knowledge Management : Kunci Sukses Inovasi Pemerintah Daerah. Malang. Bayumedia Publishing

Oemar, 2. (2013). Pengaruh Budaya Organisasi Kemampuan Kerja, dan Komitmen. Jurnal Aplikasi Manajemen 11 (1), 1.

Suwarno, Y. (2008). Inovasi Di Sektor Publik. Jakarta: STIA-LAN.

Sutrisna, I. W. (2021). Penyelenggaraan Pelayanan Publik Yang Inovatif Di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL CAKRAWARTI, 4 (2) 1-9

Suwarno, Y. (2008). Inovasi Di Sektor Publik. Jakarta: STIA-LAN.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Silalahi, U. (2006). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Warsono, T. d. (2020). Birokrasi Baru Untuk New Normal: Tinjaun Model Perubahan Birokasi Dalam Pelayanan Publik Di Era Covid-19. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2 (1), 12




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v9i3.7642

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin