MANAJEMEN PEMERINTAHAN DESA DENANYAR DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN DI DESA

Hasby Rizal Machfuz, Kiki Rizki Ramadhan, Evi Priyanti

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai manajemen pemerintahan dalam pelayanan yaitu mengenai penyelenggaraan yang ditandai dengan adanya berbagai keluhan masyarakat terhadap aparatur pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana manajemen pemerintah Desa Denanyar terkait pelayanan. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan fenomena yang terjadi. Selanjutnya dalam melakukan analisis data, peneliti menggunakan teori Manajemen Pemerintah dari George R. Terry yang memiliki indikator perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen pemerintahan Desa Denanyar dalam pelayanan sudah baik, yang ditinjau dari terpenuhinya ke empat indikator teori manajemen pemerintahan. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Creswell, J. W. (2016). Research Design : Pendekatanan Metode Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pasolong, H. (2007). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Terry, G. R. (2010). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Hajar, S., Ali, K., & Saputra, A. (2022). Optimalisasi Pelayanan Publik Dalam Tata Kelola Pemerintahan Desa di Desa Pematang Johar. Jurnal Ilmiah Muqoddimah, 136-142.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v9i3.9258

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin