KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KANTOR DESA PATALAN KECAMATAN WONOMERTO KABUPATEN PROBOLINGGO DALAM PERSPEKTIF ETIKA DAN PROFESIONALISME

Imam Sucahyo, Renny Chandradewi Puspitarini, Maulidatul Rohma

Sari


Pelayanan administrasi desa merupakan kegiatan yang berpengaruh penting dalam kegiatan penyelenggaraan bagi pemerintahan agar memberikan pelayanan yang baik. Pelayanan yang baik harus terus mengupayakan menjaga kepuasan masyarakat. Jika memuaskan maka pelyanan dapat dikatakan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan masyarakat terhadap kualitas pelayanan Kantor Desa Patalan Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo dalam Perspektif Etika dan Profesionalisme. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Tingkat kepuasaan masyarakat yang dinyatakan dalam IKM  sebagai  tolak ukur efektivitas pelayanan. Cara mengetahui pelayanan baik atau buruknya diukur melalui SKM menggunakan 2 unsur dari etika dan profesionalisme. Etika dan profesionalisme belum pernah dijadikan tolok ukur dalam mengetahui kepuasan. Etika merupakan perilaku manusia yang menyangkut pada baik/buruk. Etika pelayanan terdapat 4 aspek yang dijadikan dasar dalam upaya menumbuhkan etika yaitu equality, equity, loyalty, responsibility. Etika dalam pelayanan menjadi acuan pegawai untuk mengelola pemerintahannya secara profesional. Sedangkan profesionalisme ini merupakan kemampuan seseorang dalam menjalankan tugas dan menyelenggarakan pelayanan dengan mutu tinggi dan berprosedur. Profesionalisme terdiri dari tiga unsur yaitu, skill, knowledge dan integrity. Hasil dari penelitian ini adalah IPK lokasi penelitian yang sebesar 67,5 atau termasuk dalam kategori kurang puas dengan predikat C. Adapun unsur dengan nilai yang tertinggi adalah 2,76 sedangkan nilainya kecil yang mendapat skor 2,625.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, M. (2020). Pengaruh Profesionalisme Aparatur Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Pemerintahan. PUBLIC POLICY (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis), 1(2), 137–152. https://doi.org/10.51135/publicpolicy.v1.i2.p137-152

Asisa, U. (2021). Etika Pelayanan Administrasi di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Luwu. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Hertogin Yanry Mautuka. (2018). Pengaruh Profesionalisme dan Integritas Terhadap Kinerja Pegawai BPS Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan Budaya Organisasi Sebagai Variabel Intervening. Universitas Katolik Widya Mandira., 14–30.

Ismiyarto. (2016). Etika dan penyelenggaraan pelayanan publik. 1–16.

Kabhe, B. A. H. (2022). Pengaruh Profesionalisme Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Sukolilo Surabaya. 17. http://repository.untag-sby.ac.id/id/eprint/13929

Keliat. (2020a). Analisis Pelaksanaan Kebijakan Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Bpjs Kesehatan Cabang Kabanjahe. Suparyanto Dan Rosad 2015, 5(3), 248–253.

Keliat, M. B. (2020b). Analisis Standar Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Kantor Camat Simpang Empat Kabupaten Karo. Universitas Quality, 15–34.

Labolo, D. H. M. (2016). Etika Pemerintahan (Vol. 294441, pp. 0–1).

Musri, & Afri, R. (2022). Administrasi Publik. In Paper Knowledge (Vol. 7, Issue 2).

Ngabito, R. (2015). Pelayanan Administrasi Desa (Studi Di Desa Luhu Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo). Universitas Negeri Gorontalo, 32, 1–6. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Noridah. (2014). Analisis Administrasi Pelayanan Di Kantor Camat Tampan Kota Pekanbaru Tahun 2013. Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 128, 2013–2015.

Pratama, C. R. (2020). Strategi Peneningkatan Profesionalisme Karyawan Baitul Maal Wat Tamwil (Bmt) Di Pt Lkms Al-Mabruk Batusangkar Skripsi. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Puspitarini, R. C. (2022). Penilaian Layanan Publik Di Mall Mpp Kota Probolinggo Tahun 2021. 1–37.

Puspitarini, R. C., & Supriyanto. (2022). Kualitas Layanan Publik di Pemerintahan Desa SMB. September, 346–351.

Rawis, R. W., Ruru, J., & Kolondam, H. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Kanonang Lima Kecamatan Kawangkoan Barat Kabupaten Minahasa. Administrasi Publik, VIII(114), 45–56.

Raymond, C. P., Hatane, S., & Hutabarat, J. (2018). Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan, Kinerja Organisasi, Kepercayaan Masyarakat dan Kepuasan Masyarakat ( Studi Kasus : Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Nabire ). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 1(1), 1–8.

Setyoparwati, I. C. (2019). Pengaruh Ability, Benevolence, dan Integrity terhadap Partisipasi E- Commerce (Studi Kasus Konsumen E-Commerce di Indonesia). 8(2), 166–176.

Silvana, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Pop Di Bandar Lampung. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Institute Informatika Dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung, 1, 10–17.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dak.v10i1.9945

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin