PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI CIBUNIGEULIS KECAMATAN BUNGURSARI KOTA TASIKMALAYA

AGUS SUTIANA

Abstract

Nilai hasil Belajar PKn terpadu masih tergolong rendah, seperti yang terjadi kelas V SD Negeri Cibunigeulis Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya”. Penyebab rendahnya hasil belajar salah satunya adalah pembelajaran yang terjadi masih pembelajaran konvensional yang membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga tujuan yang dicapai tidak optimal. Upaya perbaikan hasil belajar siswa dapat berupa pemberlakuan pembelajaran yang memiliki pendekatan strategis dan mampu memberdayakan partisipasi siswa lebih aktif dan mampu menciptakan iklim kelas yang kondusif dan belajar bermakna.Pembelajaran yang dianggap strategis adalah Pembelajaran melalui Metode bermain peran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “ Apakah penggunaan Pembelajaran Melalui Metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Cibunigeulis Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya? Model yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing –masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil Penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pembelajaran metode bermain peran berhasil meningkatkan hasil belajar PKn di kelas V SDN Cibunigeulis Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya yang ditunjukan oleh adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas berupa penggunaan pembelajaran metode bermain peran telah berhasil meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Cibunigeulis Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya.Kata Kunci: Metode bermain peran, hasil belajar PKN

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Adya Mubakhit, Abit. 2008. Model Pembelajaran Sosiodrama

Arikunto, Suharsimi, dkk. 1993. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

--------. 2006. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidika, Jakarta: Bumi Aksara

-------. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta,

Bahri Djamarah, Syaiful dan Aswan Zain. 2008. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta

Martinis, Yamin. 2009. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press

Moloeng, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Nana Syaodih Sukmandinata. 2007. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Nasution. 1996. Metodologi Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito.

Perez, Miguel Fernandez S G Phinatan. 1998. Krisis Dalam Pendidikan. PN Balai pustaka

Pirdata, Made. 2010. Cara Belajar Mengajar Di Universitas Negara Maju, Rineka Cipta.

Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Purwastuti, Andriani. 2010. Pendidikan Pancasila 2008 Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. 2005. Konsep Dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problem Belajar Dan Mengajar, Bandung: Alfabeta.

Sudiharjo. 1993. Menuju Pendidikaan Yang Relevan dan Bermutu, Balai Pustaka.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, kencana prenada media grup.

Sutrisno, Hadi. 2001. Metodologi Research I, Yogyakarta: Andi Offset.

Syah, Muhibbin. 2010. Pskologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Uno, Hamzah B. 2006. Profesi kependidikan, jakarta: Bumi Aksara.

Wiranataputra, Udin S. 2012. Pembelajaran PKn di SD Jakarta: Universitas Terbuka. 2009 Materi dan Pembelajaran PKn SD Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaini, Hisyam, dkk. 2009. Stategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.