Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan Dosen dan peneliti lain, Kanjian Pendidikan, Kajian Perusahaan (BUMN dan BUMS), Perbankan, Ekonomi, dan Akuntansi

  • Pendidikan: Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Pembiayaan, Model Pembelajaran Akuntansi, Pengusaha Akuntansi, Media Pembelajaran Akuntansi
  • Ilmu Akuntansi: Akuntansi Manajemen, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Syariah, Teknologi Informasi Akuntansi, Audit, Etika Profesional, Pasar Modal, Tata Kelola Perusahaan
  • Manajemen Keuangan dan Perbankan

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

MOHON DIPERHATIKAN!!!

Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) memiliki kebijakan review terhadap semua naskah yang masuk. Adapun prosesnya sebagai berikut:

  1. Penulis menyerahkan naskah.
  2. Editor memeriksa naskah dengan bantuan https://plagiarismcheckerx.com/ untuk memeriksa kemungkinan plagiasi.
  3. Hasil cek plagiasi menentukan DITERIMA atau DITOLAK nya naskah.
  4. Editor mengembalikan naskah yang lolos cek plagiasi kepada Penulis melalui OJS untuk memperbaiki naskah sesuai arahan Editor.
  5. Penulis mengembalikan naskah hasil perbaikan kepada Editor melalui OJS.
  6. Editor menyerahkan naskah kepada Reviewer secara double blind review.
  7.  Reviewer menyerahkan hasil review kepada Editor untuk diteruskan kepada Penulis.
  8. Penulis memperbaiki naskah sesuai catatan dan saran reviewer dan mengembalikan naskah kepada Editor.
  9. Copy Editor memeriksa naskah supaya sesuai dengan kebijakan dewan editorial.
  10. Proofreader memeriksa naskah agar sesuai dengan EYD.
  11. Layout Editor memeriksa naskah supaya sesuai template dan kaidah selingkung.
  12. Manajer jurnal siap menerbitkan naskah sesuai periode terbitan.

Adapun lama proses review yaitu tiga sampai enam minggu. Penulis dimohon untuk aktif memantau OJS serta kerjasamanya untuk melalui proses yang berjalan.

 

Publication Frequency

Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) diterbitkan secara berkala Dua kali dalam setahun yaitu Bulan Juni dan November.

 

Etika Publikasi

Pernyataan kode etik ilmiah ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu pengelola, editor, mitra bestari, dan penulis (author). Kode Etika Publikasi Ilmiah pada intinya menjunjung tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu (i) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (ii) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang; dan (iii) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme dalam publikasi.

Tanggung Jawab Penerbit

  1. Penerbit Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) bertanggungjawab menerbitkan naskah  yang setelah melalui proses editing, penelaahan, dan layout sesuai dengan kaidah penerbitan Jurnal Ilmiah.
  2. Penerbit Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) bertanggungjawab menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan Mitrabestari dalam menjalankan tugasnya masing-masing.
  3. Penerbit Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) bertanggungjawab menjaga privasi dan melindungi kekayaan intelektual dan hak cipta, dan kebebasan editorial.

Tanggung Jawab Editor

  1. Editor Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) bertanggungjawab dalam memutuskan naskah yang layak dipublikasikan melalui rapat dewan editor yang mengacu pada persyaratan hukum yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme.
  2. Dalam proses penelaahan dan penerimaan naskah, tim editor Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi): Jurnal Ilmiah Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) berasaskan pada asas kesamaan perlakuan dalam pengambilan keputusan untuk mempublikasi naskah dengan tidak membedakan ras, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan, atau ideologi politik penulis.
  3. Editor dan tim editorial Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) tidak akan mengungkapkan setiap informasi tentang naskah atau naskah  yang masuk kecuali atas izin penulisnya.
  4. Naskah yang tidak diterbitkan tidak akan digunakan oleh penelitian editor Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) untuk kepentingannya sendiri dan akan dikembalikan langsung kepada penulisnya.

Tanggungjawab Mitrabestari

Mitrabestari Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) membantu editor dalam membuat keputusan editorial terhadap naskah/naskah  yang masuk

  1. Mitrabestari Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) bertanggungjawab terhadap rekomendasi naskah yang ditelaahnya.
  2. Telaah  naskah dilakukan secara obyektif, dan didukung oleh argumentasi yang jelas.
  3. Mitrabestari Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi, duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme atas naskah  yang ditelaahnya.
  4. Mitrabestari Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) harus selalu menjaga kerahasiaan informasi dan tidak menggunakan informasi dari naskah yang ditelaahnya untuk keuntungan/kepentingan pribadi.

 Tanggungjawab Penulis

  1. Penulis harus menyajikan naskah  hasil pemikiran atau penelitiannya secara jelas, jujur, dan tanpa duplikasi, fabrikasi data, falsifikasi data dan plagiarisme.
  2. Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas naskah  yang telah ditulis.
  3. Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip
  4. Penulis harus menulis naskah secara etis, jujur dan bertanggung jawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
  5. Penulis tidak melakukan double submit ke Jurnal lain saat proses di Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) masih berlangsung.
  6. Penulis tidak berkeberatan jika naskahnya mengalami penyuntingan pada proses penelaahan dan layout tanpa mengubah subtansi atau ide pokok dari tulisan

 

Kebijakan Akses

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

 

Panduan Penulis

Panduan Penulis

Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli dan mengkaji artikel dari para kontributor, terkait dengan bidang ekonomi, pendidikan dan akuntansi yang diterbitkan dua kali setahun: Juni dan November. Artikel ilmiah yang berhubungan dengan bidang ekonomi, pendidikan dan akuntansi sangat disambut baik. Jurnal ini mencakup artikel penelitian, laporan penelitian asli, ulasan, komunikasi pendek dan komentar ilmiah dalam pendidikan akuntansi. Semua makalah yang diserahkan ke jurnal harus ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik.

  1. Pedoman Penulis Umum. Semua naskah harus diserahkan ke Kantor Editorial Jurnal Edukasi melalui Pengajuan Online di alamat portal https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/edukasi di mana penulis mendaftar sebagai Penulis dan atau ditawarkan sebagai Reviewer. Jika penulis memiliki masalah pada pengiriman online, silakan hubungi Kantor Editorial di email berikut: Jurnaledukasiunigal@gmail.com Dokumen-dokumen berikut harus menyertai naskah yang dikirimkan secara online: a) Formulir Perjanjian Pengalihan Hak Cipta (CTA) yang ditandatangani awalnya (memindai dokumen setelah ditandatangani). b) Surat pengantar menguraikan temuan dasar dari makalah dan signifikansinya. c) Tiga jenis naskah dapat diterima untuk publikasi: Artikel Penelitian Asli, Artikel Review, dan Komunikasi Singkat.
  2. Template Naskah. Naskah harus disiapkan sesuai dengan pedoman penulis berikut dalam templat artikel MS Word.
  3. Meninjau Naskah. Setiap makalah yang dikirimkan ditinjau secara independen oleh setidaknya dua peninjau sejawat. Keputusan untuk publikasi, amandemen, atau penolakan didasarkan pada laporan atau rekomendasi peninjau sejawat. Jika dua atau lebih pengulas menganggap naskah tidak cocok untuk publikasi dalam jurnal ini, pernyataan yang menjelaskan dasar keputusan akan dikirimkan kepada penulis dalam waktu tiga bulan sejak tanggal pengiriman.
  4. Revisi Naskah. Naskah yang dikirim kembali ke penulis untuk revisi harus dikembalikan ke editor tanpa penundaan. Naskah yang direvisi dapat dikirim ke kantor editorial melalui Pengajuan Online https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/edukasi Naskah yang Direvisi dikembalikan lebih dari tiga bulan akan dianggap sebagai kiriman baru.
  5. Abstrak Grafis. Abstrak grafis wajib untuk jurnal Edukasi. Asbstrak harus meringkas isi artikel dalam bentuk singkat, bentuk gambaran yang dirancang untuk menarik perhatian pembaca online yang luas. Penulis harus memberikan gambaran yang jelas mewakili karya yang dijelaskan dalam artikel. Abstrak harus diserahkan sebagai file terpisah dalam sistem pengiriman online atau jika tidak dapat dikirimkan melalui email ke Jurnaledukasiunigal@gmail.com setelah naskah diterima. Silakan sebutkan nomor manuskrip dalam subjek email Anda.
  6. Kantor Editorial Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi). Semua korespondensi harus dikirim ke Kantor Editorial berikut: Rini Agustin Eka Yanti (Pemimpin Redaksi) Kantor Editorial Jurnal Pendidikan Akuntansi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi). Jl. R. E. Martadinata No.150, Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46213. Program Studi Pendidikan akuntansi Universitas Galuh Ciamis Jawa Barat Indonesia. Telp 085223375111

 

Biaya Penulisan

Jurnal ini membebankan biaya penulis berikut:

Penyerahan Artikel: 0,00 (IDR) Penyerahan naskah tidak dikenakan biaya Fast-Track Review: 200,00 (IDR)

Penulis yang menginginkan naskahnya segera direview dapat mengajukan fast track review dengan dikenakan biaya tersebut diluar biaya penerbitan artikel.

Adapun proses fast-track review membutuhkan waktu satu minggu sejak naskah diserahkan dan Penulis harus secara intens memantau OJS dan komunikasi dengan Editor.

Penerbitan Artikel: 350,00 (IDR)

Jika naskah diterbitkan, Penulis dikenakan biaya penerbitan artikel. Jika penulis menginginkan versi cetak maka dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 100.000, per eksemplar ditambah ongkos kirim sebesar Rp. 50.000,-.

 

Kebijakan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal yang sudah disebutkan dan tidak akan dibuat tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.