PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA BAGI SISWA KELAS VI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (VCD PEMBELAJARAN) SD NEGERI PANYINGKIRAN KOTA TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

YOYOH MARLIAH

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengembangan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Salah satu faktor yang mempengaruhi kreativitas siswa dalam belajar adalah metode pembelajaran yang bisa mengembangkan rasa ingin tahu, keterbukaan terhadap pengalaman, berani mengambil resiko, dan penuh energi dalam diri siswa. Metode pembelajaran itu adalah metode audio visual ( VCD pembelajaran ), yaitu kegiatan yang dilakukan untuk memecahkan atau membuktikan suatu teori, yang meliputi, mengamati, mengukur kemajuan hasil belajar siswa sehingga diperoleh data yang kemudian dipergunakan untuk menarik kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah metode media audio visual ( VCD Pembelajaran ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan alat peraga VCD Pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN Panyingkiran Kota Tasikmalaya Semester I Tahun Pelajaran2014/2015 dalam pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas ( PTK ) yaitu dengan menggunakan media audio visual untuk mengukur hasil belajar siswa khususnya pembelajaran IPA dengan materi Mengenal Perkembangbiakan mahluk hidup. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode audio visual ( VCD Pembelajaran ) dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan VCD Pembelajaran, sebelum diterapkan metode audio visual dengan alat peraga VCD Pembelajaran 60.5 dan setelah diterapkan metode audio visual dengan menggunakan VCD Pembelajaran, terjadi peningkatan pada siklus I pertemuan I dan pertemuan II yaitu rata-rata ketuntasan siswa meningkat menjadi 61.96, pada siklus II rata-rata ketuntasan siswa meningkat menjadi 68.5. Adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran media audio visual antara siklus I dan siklus II yang ditunjukan oleh pencapaian nilai rata – rata kelas, yaitu 61.96 pada siklus I meningkat menjadi 68.5pada siklus II. Dari data hasil penelitian menunjukan sudah melebihi KKM yaitu 65,. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media VCD pembelajaran dapat meningkatkan Hasil belajar siswa kelas VI SDN Panyingkiran Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2014/2015.Kata Kunci: Media Audio Visual, Hasil Belajar

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Arsyad, Ashar. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada.

George, Darren; Mallery, Paul. 1995. SPSS/ Pc + Step by Stipe A Simple Guideand Reference

Hadi Waspodo S. 2009. Efektifitas Media VCD Pembelajaran dan OHP Terhadap Prestasi Belajar. Solo: Universitas Sebelas Maret

Parno. 2009. Penggunaan VCD Interaktif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Salatiga : UKSW Salatiga

Rinanato, Andre. 1982. Peranan Media Audio Visual Dalam Pendidikan. Yogyakarta: PENERBIT Yayasan Kanisius

Santoso, Singgih. 2003. Mengatasi Berbagai Masalah Statistik Dengan SPSS Versi 11.5. Jakarta : Rineka Cipta

Sujana, Nana. 1997. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV Sinar Baru

Sujana, Nana. 1989. Strategi Belajar Mengajar dalam Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta : P2LTPK Depdikbud.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta. PT Grasindo

Wijaya, Rusyan. 1992. Kemampuan Dasar Guru Dalam PBM. Bandung: RemajaRoesdakarya.

Bower,Gordon H dan Hilgard,Ernes R. ( 1981 ), Theories of Learning Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall Inc

Dahar, Ratna Wilis (1988), Teori-teori belajar Jakarta: P2LPTK

Winkel, WS (1999), Psikologi Pengajaran Jakarta: PT Grasindo

Refbacks

  • There are currently no refbacks.