PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Informatika Ciamis)

NUR RIZQI ARIFIN

Abstract

Berdasarkan survei dari 'kemampuan kritis pikiran, kelas XI IPS SMA Informatika Ciamis pada pelajaran ekonomi, aneh semester 2015/2016, yang merupakan rata-rata skor tes harian menemukan bahwa siswa siswa kemampuan berpikir kritis yang rendah, yang ditunjukkan dengan hasil analisis soal pelajaran ekonomi dan siswa yang mendapatkan nilai standar minimal (KKM) hanya 23 siswa atau 38,33% sedangkan siswa yang mendapatkan nilai minimum standar rendah 37 siswa atau 61,66%. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran tim mahasiswa Jenis divisi prestasi kooperatif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran ekonomi kelas XI kelas sosial SMA Informatika Ciamis.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi, cara itu tes pemikiran kritis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tim mahasiswa jenis divisi prestasi, digunakan software statistik SPSS (Program statistik Smart Solution) perhitungan, Ver 17.or untuk windows. instrumen ini memberikan pertanyaan ke kelas XI IPS 1 siswa sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional dan XI IPS 2 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif, prestasi tim mahasiswa divisi (STAD) jenis, yang masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa dan 60 pertanyaan sebagai instrumen uji di tiga pertemuan kelas. uji validitas instrument, uji reliabilitas, uji normalitas data, uji analisis data atau dua rata-rata tes yang berbeda. Hasil pengumpulan dan analisis data melalui uji hipotesis diringkas sebagai berikut: 1) Ada yang berbeda dari pemikiran kritis mahasiswa di pre-test dengan uji pasca di kelas eksperimen yang digunakan kooperatif siswa belajar divisi prestasi tim (STAD) ketik di ekonomi pelajaran kelas XI SMA informatika ciamis. 2) Ada yang berbeda dari pemikiran kritis mahasiswa di pre-test dengan uji pasca di kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pelajaran ekonomi kelas XI SMA informatika ciamis. 3) Tidak ada yang berbeda signifikan dari pemikiran kritis mahasiswa di pos-test pada kelas eksperimen yang digunakan divisi kooperatif siswa belajar prestasi tim (STAD) jenis dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pelajaran ekonomi kelas XI SMA Informatika Ciamis. Berdasarkan penjelasan dan hasil penelitian, penulis direkomendasikan / memberikan saran bahwa tidak semua pelajaran dalam kondisi sekolah yang berbeda dapat menggunakan siswa belajar divisi prestasi tim koperasi (STAD) jenis, sehingga perlu untuk fokus dari penggunaan.Kata Kunci: Student Team Achievement Division (STAD), kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Alec Fisher. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Terj. Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga.

Alma, Buchari dkk. 2009. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

--------. 2006. Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifudin. 2002. Pengantar Psikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cephilman. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap kreativitas dan prestasi belajar siswa (Studi eksperimen pada mata pelajaran IPS Ekonomi siswa kelas VIII SMP N 1 Ciawigebang Kuningan). Kuningan: Program Pascasarjana Universitas Kuningan.

Dahar, R Wilis. 2011. Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ennis, R. H. 1996. Critical Thinking. USA : Prentice Hall, Inc.

Hadianto, S.R. 2004. Psikologi Perkembangan, Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan. Ciputat : GP Press.

Majid Abdul. 2013. Strategi Pembelajran. Bandung: CV Rosda.

Moedjiono, Dkk. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departement Pendidikan & Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Muhibbinsyah. 2010. Psikologi Pendidikan (dengan Pendekatan Baru). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution. 2010. Berbagai pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

--------. 2004. Didaktik Azas-azas Mengajar. Bandung : Jemmars.

Oemar Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.Soetomo.

Rachman, dkk. 2006. Filsafat Ilmu. Semarang: UPT MKU Universitas Negeri Semarang.

Rahmayanti. 2014. Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam SMAN 2 Gerung Tahun ajaran 2013/2014 Melalui penerapan model pembelajaran yang berorientasi pada keaktifan siswa (studentcentered). Manado: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Manado.

Riduwan. 2009. Balajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rostiya. 1989. Didaktik Metodik. Jakarta: Bina Aksara.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran, (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sari Afni Juwita. 2013. Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA biologi Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Kediri Tahun Ajaran 2013/2014. Kediri: Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning (Teori, Riset, dan Praktik). Bandung: Nusa Media.

Solihatin, Etin. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Laboratorium Sosial Politik Universitas Negeri Jakarta.

Suci Tri. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Biologi, Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Siswa di SMP N 3 Perbaungan. Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. 2005. Landasan psikologi proses pendidikan. Jakarta: PT Remaja.

Sutama I Nyoman. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Dan Kinerja Ilmiah Pada Pelajaran Biologi Kelas Xi IPA SMA Negeri 2 Amlapura. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wijaya Wina. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.