PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Informatika Ciamis)
Abstract
Full Text:
PDF INDONESIAReferences
Alec Fisher. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Terj. Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga.
Alma, Buchari dkk. 2009. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
--------. 2006. Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifudin. 2002. Pengantar Psikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cephilman. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap kreativitas dan prestasi belajar siswa (Studi eksperimen pada mata pelajaran IPS Ekonomi siswa kelas VIII SMP N 1 Ciawigebang Kuningan). Kuningan: Program Pascasarjana Universitas Kuningan.
Dahar, R Wilis. 2011. Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ennis, R. H. 1996. Critical Thinking. USA : Prentice Hall, Inc.
Hadianto, S.R. 2004. Psikologi Perkembangan, Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan. Ciputat : GP Press.
Majid Abdul. 2013. Strategi Pembelajran. Bandung: CV Rosda.
Moedjiono, Dkk. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departement Pendidikan & Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Muhibbinsyah. 2010. Psikologi Pendidikan (dengan Pendekatan Baru). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution. 2010. Berbagai pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
--------. 2004. Didaktik Azas-azas Mengajar. Bandung : Jemmars.
Oemar Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.Soetomo.
Rachman, dkk. 2006. Filsafat Ilmu. Semarang: UPT MKU Universitas Negeri Semarang.
Rahmayanti. 2014. Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam SMAN 2 Gerung Tahun ajaran 2013/2014 Melalui penerapan model pembelajaran yang berorientasi pada keaktifan siswa (studentcentered). Manado: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Manado.
Riduwan. 2009. Balajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rostiya. 1989. Didaktik Metodik. Jakarta: Bina Aksara.
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran, (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sari Afni Juwita. 2013. Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA biologi Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Kediri Tahun Ajaran 2013/2014. Kediri: Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram.
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning (Teori, Riset, dan Praktik). Bandung: Nusa Media.
Solihatin, Etin. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Laboratorium Sosial Politik Universitas Negeri Jakarta.
Suci Tri. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Biologi, Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Siswa di SMP N 3 Perbaungan. Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. 2005. Landasan psikologi proses pendidikan. Jakarta: PT Remaja.
Sutama I Nyoman. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Dan Kinerja Ilmiah Pada Pelajaran Biologi Kelas Xi IPA SMA Negeri 2 Amlapura. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Wijaya Wina. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.