Pengaruh Metode Number Head Together dan Jigsaw terhadap Hasil Belajar

Mia Islamiati, Rita Patonah

Abstract

Rendahnya hasil belajar diduga disebabkan oleh kurangnya kemampuan peserta didik dalam berpartisipasi aktif melaksanakan kegiatan belajar karena metode mengajar yang digunakan guru masih cenderung konvensional. Upaya untuk meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran yaitu dengan melakukan penerapan metode pengajaran Number Head Together dan Jigsaw. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengeksplorasi: 1) Hasil belajar dengan penggunaan metode Number Head Together pada pengukuran awal dan akhir; 2) Hasil belajar yang menerapkan metode Jigsaw pada pretest dan posttest; 3) Perbedaan hasil belajar yang menggunakan metode Number Head Together dengan Jigsaw pada pengukuran akhir. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data menggunakan uji t dan uji N-Gain. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar yang menggunakan metode Number Head Together; 2) Adanya perbedaan hasil belajar yang menggunakan metode Jigsaw; 3) Hasil belajar yang menggunakan metode Number Head Together berbeda dengan metode Jigsaw.

Keywords

Numbered Head Together; Jigsaw; Hasil Belajar

References

Asriani, A., Tellu, A. T., & Suherman, S. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Dan Tipe Jigsaw. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 39-51. [15 Agustus 2023]

Fathurrohman, Muhammad. 2016. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Medika.

Haniyah, L., Bektiarso, S., & Wahyuni, S. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) disertai Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA Fisika SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 53–59.

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Patonah, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Penerapan Metode Diskursus Multy Reprecentacy (DMR). Jurnal Ilmiah Pendidikan, 83–88.

Qomariyah, L., Tjahjono, A. B., & Makhsun, T. (2020). Implementasi Metode Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Dalam Pembelajaran Pai. Unissula (KIMU) Klaster, 1348–1355.

Suwarti. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS Model Cooperative Tipe Number Head Together ( NHT ). 5(2), 28–40.

Windayani, & Hedi. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Akuntansi Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Model Jigsaw. 3(November), 110–118.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.