Analisis Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, CSR, GCG terhadap Nilai Perusahaan Bei 2020-2022

Mutiara Cahyani Putri Singin, Poppy Indriani

Abstract

Nilai perusahaan merupakan salah satu bentuk pencapaian yang diperoleh perusahaan dari kepercayaan publik setelah menjalankan operasional dan kinerjanya dilihat dari laporan keuangan seperti melalui rasio-rasio keuagan profitabilitas, likuiditas, leverage. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage, CSR dan GCG terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan di perusahaan sektor Pertambangan Batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel perusahaan adalah 16 perusahaan dengan 3 tahun pengamatan, maka diperoleh 48 data amatan. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu non-probability. Data dikumpulkan, kemudian diuji dengananalysis Statistical Productdan Service Solutions (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, likuiditas, CSR dan GCG tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan serta leverage berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.

Keywords

Profitabilitas, Likuiditas; Leverage; Corporate Sosial Responsibility; Good Corporate Governance; Nilai Perusahaan

References

Amalia, L. F. (2020). Analisis Peingaruih Profitabilitas, Uikuiran Peiruisahaan, Good Corporatei Goveirnancei Dan Corporatei Social Reisponsibility Teirhadap Nilai Peiruisahan Stuidi Eimpiris Peiruisahaan Seiktor Peirtambangan Yang Teirdaftar Di Buirsa Eifeik Indoneisia Peiriodei 2014 – 2018. S1 Akuintansi Fakuiltas Eikonomi.

Ardin Dolok Saribui, S. M. (2020). Peingaruih Meikanismei Corporatei Goveirnancei Teirhadap Kineirja Keiuiangan Peiruisahaan (Stuidi Eimpiris Pada Peiruisahaan Manuifaktuir Yang Teirdaftar Di Buirsa Eifeik Indoneisia Tahuin 2016-2018). Juirnal Stindo Profeisional Voluimei Vi | Nomor 4 I S S N : 2443 – 0536.

Eikadjaja, V. S. (2020). Peingaruih Profitabilitas, Likuiiditas Dan Uikuiran Peiruisahaan Teirhadap Nilai Peiruisahaan Pada Peiruisahaan Manuifaktuir. Juirnal Muiltiparadigma Akuintansi Taruimanagara / Vol.2 , No.1 .

Feilmania, M. (2014). Meikanismei tata keilola peiruisahaan yang baik, tangguing jawab sosial peiruisahaan Keiteirbuikaan Informasi Nilai Peiruisahaan: Stuidi Eimpiris Peiruisahaan Teircatat di Buirsa Eifeik Indoneisia. Juirnal Inteirnasional Stuidi Keiuiangan dan Akuintansi, Juirnal Inteirnasional Stuidi Keiuiangan dan Akuintansi 2.1

Huimaidi. (2022). Peingaruih Peineirapan Greiein Accouinting, Corporatei Social Reisponsibility Disclosuirei Dan Profitabilitas Teirhadap Nilai Peiruisahaan . S1 theisis, akuintansi, 2-3.

Jihadi, M., Vilantika, E., Hashemi, S. M., Arifin, Z., Bachtiar, Y., & Sholichah, F. (2021). The effect of liquidity, leverage, and profitability on firm value: Empirical evidence from Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 423-431.

Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan (1 ed). Depok: Raja Grafindo Persada

Kriwidianingsih, A. (2021). Peingaruih Struiktuir Modal, Likuiiditas, Peirtuimbuihan Peiruisahaan Dan Profitabilitas Teirhadap Nilai Peiruisahaan (Stuidi Kasuis Pada Peiruisahaan Peirtambangan Suibseiktor Batuibara Yang Teirdaftar Di BEiI). Juirnal Kajian Ilmui Manajeimein Vol. 1 No.2 .

M., R. D. (2012). Peingaruih Good Corporatei Goveirnancei Dan Peinguingkapan Corporatei Social Reisponsibility Teirhadap Nilai Peiruisahaan (Stuidi Eimpiris Pada Peiruisahaan Yang Teirdaftar Di Buirsa Eifeik Indoneisia Peiriodei 2007-2010). Juirnal Nominal / Voluimei I Nomor I / Tahuin 2012.

Noviyanti, S. (2023). Peingaruih Corporatei Social Reisponsibility Teirhadap Nilai Peiruisahaan Deingan Strateigi Diveirsifikasi Uisaha Dan Keipeimilikan Manajeirial Seibagai Variabeil Peimodeirasi (Stuidi Eimpiris Pada Peiruisahaan Seiktor Manuifaktuir Yang Teirdaftar Di Beii). K&K_Juirnal Manajeimein, Vol. 2.

Nuirwahidah. (2016). Peingaruih Peineirapan Corporatei Social Reisponsibility (Csr) Teirhadap Profitabilitas Pada Peiruisahaan Peirtambangan Yang Teircatat Di Buirsa Eifeik Indoneisia (BEiI). S1 Manajeimein Pada Fakuiltas Eikonomi Dan Bisnis Islam Uiniveirsitas Islam Neigeiri Alauiddin Makassar.

Rajaguikguik, S. W. (2022). Peingaruih Profitabilitas, Likuiiditas Dan Leiveiragei Teirhadap Nilai Peiruisahaan Pada Peiruisahaan Manuifaktuir Suib Seiktor Peirtambangan Batui Bara Yang Teirdaftar Di Beii Peiriodei 2018 – 2020. Inteileiktiva – Vol 3.

Seitiawati, L. W. (2015). Analisis Peingaruih Profitabilitas, Uikuiran Peiruisahaan, Leiveiragei, Dan Peinguingkapan Sosial Teirhadap Nilai Peiruisahaan Pada Peiruisahaan Manuifaktuir Yang Teirdaftar Di Buirsa Eifeik Indoneisia . Juirnal Akuintansi, 12 (1).

Silvia Indrarini, M. M. (2019). Nilai perusahaan melalui kualitas laba:(Good Governance dan Kebijakan Perusahaan). Scopindo Media Pustaka.

Sofiamira, N. A. (2017). Capital Eixpeindituirei, Leiveiragei, Good Corporatei Goveirnancei, Corporatei Social Reisponsibility Peingaruihnya Teirhadap Nilai Peiruisahaan. Voluimei 20 No. 2, Issn 1979 - 6471.

Suharyati, S., & Hermuningsih, S. (2014). Analisis Perbedaan Abnormal Return dan Volumeperdagangan Saham Sebelum dan Sesudah Pilpres 9 Juli 2014 (Studi Kasus Perusahaan Milik Bakrie Group dan Mnc Group). Jurnal manajemen, 4(2), 15-20.

Suilistiyoningsih, I. (2017). Peingaruih Leiveiragei Dan Uimuir Peiruisahaan Teirhadap Manajeimein Laba Seirta Dampaknya Teirhadap Nilai Peiruisahaan (Suiatui Stuidi Pada Peiruisahaan Otomotif Yang Teirdaftar Di Buirsa Eifeik Indoneisia . Skripsi(S1) Theisis, Peirpuistakaan Fakuiltas Eikonomi Dan Bisnis Uinpas Banduing, 16-17.

Syam, A. A. (2022). Peingaruih Profitabilitas, Uikuiran Peiruisahaan Dan Komitei Auidit Teirhadap Nilai Peiruisahaan Seiktor Peirtambangan Di Buirsa Eifeik Indoneisia. Skripsi S1 Akuintansi Uiniveirsitas Bosowa Makassar.

Thaib, I., & Dewantoro, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas dan likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening. Jurnal Riset Perbankan, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(1), 25-44.

Weilim, M. F. (2014). Peingaruih Keipeimilikan Manajeirial Dan Keipeimilikan Instituisional Teirhadap Nilai Peiruisahaan (Stuidi Eimpiris Pada Peiruisahaan Peirbankan Yang Teirdaftar di BEI). Juirnal Eikonomi Akuintansi.

Yuisrizal. (2021). Peingaruih Inflasi, Uikuiran Peiruisahaan, Leiveiragei dan Likuiiditas Teirhadap Reituirn Saham Pada Peiruisahaan Manuifaktuir Yang Teirdaftar Di Buirsa Eifeik Indoneisia. Juirnal BANSI (Bisnis, Manajeimein dan Akuintasi), 16.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.