Model Peningkatan Daya Saing UMKM: Sebuah Proses Pemberdayaan Berbasis Pendidikan Masyarakat Bagi Pelaku UMKM Desa Rempanga

Ramadhan Dian Saputra, A. Ismail Lukman, Mustangin Mustangin, Muhamad Alisalman

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya untuk meningkatkan kapasitas masyarakat sehingga dapat mengatasi permasalahan yang ada secara mandiri. Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya peningkatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi permasalahan yang dapat menghambat masyarakat itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberdayaan pelaku UMKM di Desa Rempanga. Pelaksanaan pemberdayaan Metode atau teknik seleksi ini tentunya akan berdampak pada keberhasilan proses dan hasil kegiatan pemberdayaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena sesuai dengan tujuan penelitian dan metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik studi dokumen. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Memeriksa validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pemberdayaan dilaksanakan melalui beberapa tahapan pemberdayaan masyarakat yang diawali dengan fase pengenalan awal program pelaku UMKM terhadap program yang akan dilaksanakan. Fase kedua dilaksanakan identifikasi kebutuhan masyarakat, dan fase ketiga yaitu peningkatan kapasitas masyarakat dan fase ke empat yaitu pemandirian masyarakat.

Keywords

Pemberdayaan Masyarakat; Pendidikan Masyarakat; UMKM

Full Text:

PDF

References

Astuti, D. I., Saraka, S., Winarti, H. T., Lukman, A. I., & Mustangin, M. (2022). Analisis Pemberdayaan Perempuan Berbasis Keterampilan Budidaya Tanaman Hidroponik. Masyarakat Madani, 7(2), 52–64.

Berlianti, & Siregar, M. (2017). Kemandirian Perempuan Melalui Keterampilan Menjahit. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 179–186. https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v2i2.2315

Dewi, R. V. K. (2020). Pemberdayaan Perempuan Peserta Pelatihan Tata Rias Pengantin di Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Vivi Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 12–17. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.429

Fitriawati, F., Winarti, H. T., & Saraka, S. (2021). Pemberdayaan Kelompok Tani Melalui Pada Program Corporate Social Responsibility: Kajian Pendidikan Nonformal Dalam Pengembangan Pupuk Kompos. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 133–141. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ls/article/view/1225

Ghufron, M., & Saraka, S. (2021). Proses Pelatihan Keahlian Kayu Bagi Karang Taruna Oleh CSR Pertamina Terminal Fuel Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 75–80.

Habib, M. A. F. (2021). Kajian Teoritis Pemberdayaan Masyarakat Dan Ekonomi Kreatif. Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 1(2), 106–134. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v1i2.4778

Herdiana, D. (2018). Sosialisasi Kebijakan Publik: Pengertian dan Konsep Dasar. Junal Ilmiah Wawasan Insan Akademik, 1(3), 13–26.

Irmawati, S., Damelia, D., & Puspita, D. W. (2013). Model Inklusi Keuangan Pada Umkm Berbasis Pedesaan. JEJAK: Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan, 6(2), 103–213. https://doi.org/10.15294/jejak.v6i2.3885

Lukman, A. I. (2021). Menumbuhkan Motivasi Warga Belajar Melalui Media Audio-Visual di SKB. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 192. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.39439

Malia, R., & Rahayu, L. S. (2014). Pengaruh Penyuluhan Melalui Metode Ceramah dan Diskusi terhadap Tingkat Pengetahuan Teknologi Sistim Tanam Legowo di Kelompok Tani Karya Mukti III Desa Sukakarya Kecamatan Sukanagara Kabupaten Cianjur. Agroscience, 7(1), 51–60. https://doi.org/10.35194/agsci.v4i1.615

Moertiono, R. J. (2023). Perlindungan Hukum Terhadap Izin Usaha Umkm Pasca Lahirnya Uu No. 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. Jurnal Ilmiah METADATA, 5(1), 169–180. https://doi.org/10.47652/metadata.v5i1.316

Mustangin, M. (2018). Peningkatan Minat Baca dan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Di Rumah Baca Bandung. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 133–141. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.14464

Mustangin, M., Iqbal, M., & Buhari, M. R. (2021). Proses Perencanaan Pendidikan Nonformal untuk Peningkatan Kapasitas Teknologi Pelaku UMKM. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 414. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38927

Mustangin, M., Kusniawati, D., Islami, N. P., Setyaningrum, B., & Prasetyawati, E. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal melalui Program Desa Wisata di Desa Bumiaji. Pemberdayaan Masyarakat, 2 (1), 59–72. https://doi.org/10.24198/jsg.v2i1.15282

Pasha, T. A., Khalisa, S. N., Zamima, R., Khairunnisa, R. T., & Mustangin, M. (2023). Sosialisasi kesehatan menstruasi bagi remaja perempuan di panti asuhan anak harapan kalimantan timur. Ta’awun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 163–170.

Rahmawati, Y. D., Purnaweni, H., & Taruna, T. (2016). Tahapan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Lingkungan Di Desa Cangkringkecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Jurnal EKOSAINS, 7(4), 83–93. https://jurnal.uns.ac.id/ekosains/article/view/61954/35855

Rela, I. Z. (2023). Pemetaan Sosial Dan Partisipasi Stakeholder Dalam Perencanaan Program Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Penyuluhan Dan Pengembangan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.56189/jippm.v3i1.35478

Riyadi, R. (2020). Hubungan antara Hasil Pelatihan dengan Tingkat Penerapan Teknologi Padi Sawah. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.254

Rohi, E. M. W., & Margaretha, D. (2023). Identifikasi Kebutuhan Peserta Didik Di Sekolah-Sekolah Kabupaten Flores Timur Desa Pledo. Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 126–130.

Sabrina, K., Ramadhani, R. D. P., Tamba, G. N. T., Saputra, T., Nurdin, N., & Mustangin, M. (2022). Penyuluhan Pendidikan Keluarga Harmonis bagi Ibu PKK Kelurahan Karang Anyar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1170–1175. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6214

Saputri, A. Y., & Setiyono, B. (2019). Analisis Stakeholders Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kampung Tematik Kota Semarang (Studi Kasus : Kampung Tematik Jajan Pasar, Kelurahan Gajahmungkur). Journal of Politic and Government Studies, 8(4), 201–210.

Saripah, I., & Shantini, Y. (2016). Implementasi model pembelajaran mandiri program pendidikan kecakapan hidup perempuan. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 176. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.11545

Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65

Soimah, N., & Imelda, D. Q. (2023). Urgensi Legalitas Usaha Bagi UMKM. Jurnal Benuanta, 2(1), 21–25. https://doi.org/10.61323/jb.v2i1.47

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bandung (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sumadi, S. (2019). Dinamika transformasi UMKM di era digitalisasi pandemi covid-19. In Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS (Issue September).

Susanto, A. (2023). Pentingnya Perizinan Bagi Para Pelaku. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 870–877.

Wahyuni, S. (2021). Peran Pamong Belajar: Studi Naturalistik terhadap Pamong Belajar dalam Melaksanakan Layanan Program Pendidikan Non Formal. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 17(2), 102–114. https://doi.org/10.35329/fkip.v17i2.1841

Yunika, E., Dwiyono, Y., Winarti, H. T., Mustangin, M., & Alisalman, M. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Binaan CSR PT. Badak NGL Berbasis Pendidikan Pada Pengembangan Ekowisata Kampung Selangan Bontang. Jurnal Sosio Dialektika, 7(2), 181–197. https://doi.org/10.31942/sd.v7i2.6630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.